home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terjadi di Banyak Negara, Perusahaan Raksasa Google Termasuk 'Bandel' Tak Bayar Pajak?

Rabu, 12 Oktober 2016 10:01 by Dits | 778 hits
Terjadi di Banyak Negara, Perusahaan Raksasa Google Termasuk 'Bandel' Tak Bayar Pajak?
image source: Internation

DREAMERS.ID - Baru-baru ini Staf Ahli Wakil Presiden, Sofyan Wanandi mengungkapkan kalau perusahaan raksasa, Google, memang tergolong perusahaan yang 'bandel. Di sejumlah negara, industri berbasis digital ini kerap kali menghindari pajak.

"Di negara lain kan Google bermasalah lebih besar dari kita. hanya saja, perusahaan kayak gitu kan selalu cari pajak yang paling kecil. Mereka toh ada di mana-mana dan mereka merasa enggak ada punya kewajiban untuk bayar pajak di negara-negara lain," kata Sofjan di Kantor Kemenko Perekonomian pada Selasa (11/10) malam.


Staf Ahli Wakil Presiden, Sofyan Wanandi - (Foto: Istimewa)

Sofjan mengungkapkan, saat ini, sejumlah negara sedang berupaya untuk mengejar pajak dari perusaan asal Amerika Serikat tersebut, termasuk Indonesia.

"Karena seluruh dunia sedang sama-sama hadapi mereka (Google) dan mereka harus bayar. Mereka mau bayar namun dalam batas masih negosiasi mengenai masalah rate dan macam-macam," katanya.

Untuk itu, kata Sofjan, pemerintah sedang membuat aturan perpajakan terkait industri digital di tanah air. Sehingga ada kepastian hukum bagi pemerintah untuk menarik pajak bagi perusahaan digital.

"Ada masalah-masalah hukum yang harus diselesaikan namun mereka etikanya mau membayar. Namun sekarang hitung-hitungannya aturan dari google dan kami sedang atur supaya mereka mau bayar," paparnya.

"Sebetulnya mereka mau bayar, hanya saja mereka minta sejumlah aturan yang bisa diperbaiki. Agar mereka bisa bayar. Makanya sekarang kita atur, selama ada kepastian hukum untuk mereka," tandasnya. 

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)