SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi Polemik, Podium Merah Putih yang Diinjak Presiden Jokowi Akan Diganti

Rabu, 05 Oktober 2016 12:31 by Dits | 1011 hits
Jadi Polemik, Podium Merah Putih yang Diinjak Presiden Jokowi Akan Diganti
image source: redaksikota

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu Presiden Jokowi diduga menginjak bendera merah putih saat tengah memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu (1/10) lalu. Polemik bermula dari politikus Partai Demokrat, Roy Suryo, saat itu ia melontarkan kritikan melalui akun Twitter pribadinya @KRMTRoySuryo. Kritikan itu kemudian menjadi sorotan netizen hingga timbul pro dan kontra.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan kalau sebenarnya tidak ada yang salah dari penggunaan warna merah putih pada podium tersebut. Warna merah dan putih itu tak bisa lantas dianggap sebagai bendera Indonesia.


Presiden Jokowi saat memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila
(image source: Merdeka.com)

Menurut Pramono, dalam Undang-Undang tentang Bendera Kebangsaan, yang dimaksud adalah bendera RI merupakan kain berukuran 2 x 3 berwarna merah dan putih serta dikibarkan di tiang bendera.

Meski demikian, Presiden Joko Widodo sendiri sudah mendengar adanya polemik tersebut dan untuk menindaklanjuti agar tak memanas dan memperpanjang persoalan, Jokowi lantas setuju agar warna kain merah putih pada podium diganti.


Pramono Anung (image source: Kompas.com) 

Baca juga: Tetap Diproses Hukum, Bagaimana Kelanjutan Kasus Remaja Ancam Tembak Jokowi yang Telah Minta Maaf?

"Kalau Presiden Jokowi gampang saja. Ya sudah, tahun depan diganti saja karpet merah semua. Karena beliau tidak mau berpolemik dengan itu. Itu bukan substansi yang perlu dipolemikkan," ujar Pramono melansir Kompas, Selasa (4/10).

Sementara itu, podium serupa yang berwarna merah putih biasa digunakan setiap ada upacara Hari Kesaktian Pancasila dan telah dipakai sejak Presiden kedua Indoneisa, Soeharto hingga presiden keenam yang tak lain adalah Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

(dits)

Artikel terkait:
Pihak Istana Angkat Bicara Soal Dugaan Presiden Jokowi Injak Bendera Merah Putih

  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)