SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi Polemik, Podium Merah Putih yang Diinjak Presiden Jokowi Akan Diganti

Rabu, 05 Oktober 2016 12:31 by Dits | 955 hits
Jadi Polemik, Podium Merah Putih yang Diinjak Presiden Jokowi Akan Diganti
image source: redaksikota

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu Presiden Jokowi diduga menginjak bendera merah putih saat tengah memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu (1/10) lalu. Polemik bermula dari politikus Partai Demokrat, Roy Suryo, saat itu ia melontarkan kritikan melalui akun Twitter pribadinya @KRMTRoySuryo. Kritikan itu kemudian menjadi sorotan netizen hingga timbul pro dan kontra.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan kalau sebenarnya tidak ada yang salah dari penggunaan warna merah putih pada podium tersebut. Warna merah dan putih itu tak bisa lantas dianggap sebagai bendera Indonesia.


Presiden Jokowi saat memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila
(image source: Merdeka.com)

Menurut Pramono, dalam Undang-Undang tentang Bendera Kebangsaan, yang dimaksud adalah bendera RI merupakan kain berukuran 2 x 3 berwarna merah dan putih serta dikibarkan di tiang bendera.

Meski demikian, Presiden Joko Widodo sendiri sudah mendengar adanya polemik tersebut dan untuk menindaklanjuti agar tak memanas dan memperpanjang persoalan, Jokowi lantas setuju agar warna kain merah putih pada podium diganti.


Pramono Anung (image source: Kompas.com) 

Baca juga: Curhat Jokowi yang Tak Tidur Karena Gempa Melanda Selatan Pulau Jawa

"Kalau Presiden Jokowi gampang saja. Ya sudah, tahun depan diganti saja karpet merah semua. Karena beliau tidak mau berpolemik dengan itu. Itu bukan substansi yang perlu dipolemikkan," ujar Pramono melansir Kompas, Selasa (4/10).

Sementara itu, podium serupa yang berwarna merah putih biasa digunakan setiap ada upacara Hari Kesaktian Pancasila dan telah dipakai sejak Presiden kedua Indoneisa, Soeharto hingga presiden keenam yang tak lain adalah Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

(dits)

Artikel terkait:
Pihak Istana Angkat Bicara Soal Dugaan Presiden Jokowi Injak Bendera Merah Putih

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)