SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simpang Siur Pernyataan Jokowi-Duterte Soal Eksekusi, #SaveMaryJane Jadi Trending Topic

Rabu, 14 September 2016 15:00 by reinasoebisono | 706 hits
Simpang Siur Pernyataan Jokowi-Duterte Soal Eksekusi, #SaveMaryJane Jadi Trending Topic
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Setelah pertemuan dengan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, Presiden Joko Widodo membuat heboh publik dengan mengatakan jika sudah mendapat ‘lampu hijau’ untuk menjalankan eksekusi yang tertunda terhadap warga Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso.

"Presiden Duterte saat itu menyampaikan silakan kalau mau dieksekusi," ucap Jokowi. "Saya bercerita Mary Jane membawa 2,6 kilogram heroin dan saya cerita mengenai penundaan eksekusi kemarin. Presiden Duterte menyampaikan, silakan diproses sesuai hukum yang ada di Indonesia. Artinya kan jelas,"

Desakan pada Pemerintah Filipina untuk menjelaskan pernyataan Jokowi itu pun menjadikan #SaveMaryJane sempat jadi Trending Topic. Warga Filipina mendesak pembebasan karena Mary Jane juga dianggap korban untuk menyelundupkan narkoba.


Presiden Jokowi (kanan) dan Presiden Filipina Duterte di Istana Merdeka (Tribunnews)

Baca juga: Indonesia Hingga Dunia, Ini Isu Panas Yang Jadi Pembicaraan Dalam Waktu Lama Sepanjang 2016

Namun pihak Filipina menjelaskan jika sebenarnya Presiden Duterte menghormati peraturan hukum yang berlaku di Indonesia, bukan berarti mendukung hukuman mati terhadap Mary Jane itu. Melansir Tribunnews, warga Filipina panik dan menyuarakan pembebasan Mary Jane.

"Tidak ada bentuk dukungan (lampu hijau) sama sekali," sebut Ernesto Abella, juru bicara kepresidenan Filipina. "Beliau hanya mengatakan: 'Ikuti sesuai hukum yang ada saja, saya tidak akan mencampurinya',"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Sidang perdana dakwaan Ketua Nonaktif DPR, Setya Novanto di perkara dugaan korupsi menarik perhatian lantaran disebut banyak kejanggalan yang dilakukannya. Pria yang tengah dinonaktifkan pula sebagai Ketua Umum Partai Golkar itu berwajah pucat dan terus menunduk selama persidangan....
  • HOT !
    Presiden Jokowi berkunjung ke Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada pekan lalu yang kebetulan adalah kampung halaman Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dan ternyata, warga sekitar memberi perbandingan cukup signifikan di antara keduanya....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)