home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Hebat Guncang Korea Selatan, #PrayForKorea Jadi Trending Topic Dunia!

Selasa, 13 September 2016 12:00 by Dits | 7842 hits
Gempa Hebat Guncang Korea Selatan, #PrayForKorea Jadi Trending Topic Dunia!
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Pada Senin (12/9) malam sekitar pukul 19.44 waktu setempat sebuah gempa berkekuatan 5,1 skala richter mengguncang Korea Selatan. Gempa susulan kemudian terjadi sekitar pukul 20.32 dengan kekuatan lebih besar yakni 5,8 skala richter.

Melansir Allkpop, menurut analisis Korea Meteorological Administration (KMA), gempa Korea Selatan yang terjadi sejauh ini merupakan tremor paling kuat yang pernah tercatat di semenanjung Korea. Menurut catatan aktivitas seismik di Korea sejak tahun 1978. KMA juga menyebutkan bahwa pusat gempa berada di dekat Naenam-meyeon, sekitar 5 mil sebelah tenggara Kota Gyeongju, di Provinsi Gyeongsang Utara.


image source: Twitter

Menurut pernyataan Pemerintah Metropolitan Seoul, warga Seoul juga merasakan hantaman gempa dengan kekuatan magnitudo sekitar 2 SR. Pemerintah Metropolitan Seoul mengungkapkan hingga Selasa (13/9) pukul 01.00 KST telah terjadi sekitar 111 gempa susulan dengan magnitudo 2 hingga 4 Skala Richter.

Akibat kejadian tersebut, Kementerian Keselamatan dan Keamanan Publik setempat menjelaskan sampai sejauh ini diketahui ada enam warga sipil yang terluka dan sekitar 102 kasus kerusakan berupa runtuhan bangunan dan pecahan kaca dilaporkan terjadi di seluruh tempat Korea Selatan sampai tengah malam tadi.


image source: Twitter
 

Pejabat pemerintah sendiri telah menerapkan berbagai tindakan keamanan dan pencegahan, seperti mendirikan seperti mendirikan Pusat Bencana dan Markas Penanggulangan Keselatan untuk mengumpulkan laporan terkait kerusakan dan meminta warga untuk memperkirakan datangnya bencana.

Presiden Park Geun-hye berjanji akan melakukan segala daya upaya untuk keamanan tambahan untuk fasilitas terkait reaktor nuklir untuk mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh guncangan gempa.

Demikian dengan Perdana Menteri Hwang Kyo Ahn, yang akan mengambil langkah yuntuk memberikan bantuan kepada warga yang mengalami kerusahan material dan luka fisik, Ia memerintahkan setiap kementerian terkait bencana untuk menjaga unit layanan darurat mereka dalam rangka memberikan akses dalam penanggulangan kasus tambahan jika terjadi gempa susulan.


image source: allkpop

Sementara itu, di linimassa Twitter tampak hashtag #PrayForKorea menjadi tanda bahwa  gempa di Korea Selatan tengah menjadi sorotan. Sejumlah foto dan pesan duka mendalam pun diungkapkan pasca gempa tersebut menghantam Korea Selatan. 

Berikut cuplikan videonya:

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)