SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sakit Paru-paru, Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo Tutup Usia

Rabu, 31 Agustus 2016 23:00 by zia92 | 1092 hits
Sakit Paru-paru, Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo Tutup Usia
Image source: metrotvnews

DREAMERS.ID - Sulistina Sutomo, istri Bung Tomo, Pahlawan Nasional asal Surabaya yang dikenang lewat orasi heroiknya yang membangkitkan semangat rakyat Surabaya melawan tentara sekutu dalam Pertempuran 10 November 1945, meninggal dunia di usia 91 tahun pada Rabu (31/8) dini hari pukul 01.42 WIB.

Menurut cucu menantu almarhumah, Riska, neneknya sempat dirawat selama kurang lebih dua minggu di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta sebelum mengembuskan napas terakhir. "Lendir di paru-paru beliau sudah semakin banyak, dan karena sudah sepuh juga jadi sistem metabolisme tubuh menurun," ujar Riska saat ditemui di rumah duka, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Jenazah Sulistina diterbangkan ke Surabaya dari Bandara Halim Perdanakusuma, kemudian dishalatkan di Masjid Al-Akbar, Surabaya. Setelah itu akan dimakamkan berdampingan dengan suaminya di Tempat Pemakaman Umum Ngagelrejo. 

Kondisi Sulistina pun sempat membaik pada Minggu (28/8). Bahkan keesokan harinya ia meminta didoakan agar lekas sembuh. Namun, kondisi kesehatan perempuan yang dikenal sebagai sosok inspiratif itu kembali memburuk hingga akhirnya berpulang pada usia 91 tahun. 

Sulistina Sutomo adalah pendamping setia Bung Tomo semasa perang kemerdekaan. Pada 2006 ia sempat menerbitkan buku berjudul 'Romantisme Bung Tomo, Kumpulan Surat dan Dokumen Pribadi Pejuang Revolusi Kemerdekaan'.

(fzh/Antara/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)