home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sakit Paru-paru, Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo Tutup Usia

Rabu, 31 Agustus 2016 23:00 by fzhchyn | 1264 hits
Sakit Paru-paru, Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo Tutup Usia
Image source: metrotvnews

DREAMERS.ID - Sulistina Sutomo, istri Bung Tomo, Pahlawan Nasional asal Surabaya yang dikenang lewat orasi heroiknya yang membangkitkan semangat rakyat Surabaya melawan tentara sekutu dalam Pertempuran 10 November 1945, meninggal dunia di usia 91 tahun pada Rabu (31/8) dini hari pukul 01.42 WIB.

Menurut cucu menantu almarhumah, Riska, neneknya sempat dirawat selama kurang lebih dua minggu di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta sebelum mengembuskan napas terakhir. "Lendir di paru-paru beliau sudah semakin banyak, dan karena sudah sepuh juga jadi sistem metabolisme tubuh menurun," ujar Riska saat ditemui di rumah duka, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Jenazah Sulistina diterbangkan ke Surabaya dari Bandara Halim Perdanakusuma, kemudian dishalatkan di Masjid Al-Akbar, Surabaya. Setelah itu akan dimakamkan berdampingan dengan suaminya di Tempat Pemakaman Umum Ngagelrejo. 

Kondisi Sulistina pun sempat membaik pada Minggu (28/8). Bahkan keesokan harinya ia meminta didoakan agar lekas sembuh. Namun, kondisi kesehatan perempuan yang dikenal sebagai sosok inspiratif itu kembali memburuk hingga akhirnya berpulang pada usia 91 tahun. 

Sulistina Sutomo adalah pendamping setia Bung Tomo semasa perang kemerdekaan. Pada 2006 ia sempat menerbitkan buku berjudul 'Romantisme Bung Tomo, Kumpulan Surat dan Dokumen Pribadi Pejuang Revolusi Kemerdekaan'.

(fzh/Antara/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)