SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sakit Paru-paru, Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo Tutup Usia

Rabu, 31 Agustus 2016 23:00 by zia92 | 1134 hits
Sakit Paru-paru, Istri Pahlawan Nasional Bung Tomo Tutup Usia
Image source: metrotvnews

DREAMERS.ID - Sulistina Sutomo, istri Bung Tomo, Pahlawan Nasional asal Surabaya yang dikenang lewat orasi heroiknya yang membangkitkan semangat rakyat Surabaya melawan tentara sekutu dalam Pertempuran 10 November 1945, meninggal dunia di usia 91 tahun pada Rabu (31/8) dini hari pukul 01.42 WIB.

Menurut cucu menantu almarhumah, Riska, neneknya sempat dirawat selama kurang lebih dua minggu di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta sebelum mengembuskan napas terakhir. "Lendir di paru-paru beliau sudah semakin banyak, dan karena sudah sepuh juga jadi sistem metabolisme tubuh menurun," ujar Riska saat ditemui di rumah duka, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Jenazah Sulistina diterbangkan ke Surabaya dari Bandara Halim Perdanakusuma, kemudian dishalatkan di Masjid Al-Akbar, Surabaya. Setelah itu akan dimakamkan berdampingan dengan suaminya di Tempat Pemakaman Umum Ngagelrejo. 

Kondisi Sulistina pun sempat membaik pada Minggu (28/8). Bahkan keesokan harinya ia meminta didoakan agar lekas sembuh. Namun, kondisi kesehatan perempuan yang dikenal sebagai sosok inspiratif itu kembali memburuk hingga akhirnya berpulang pada usia 91 tahun. 

Sulistina Sutomo adalah pendamping setia Bung Tomo semasa perang kemerdekaan. Pada 2006 ia sempat menerbitkan buku berjudul 'Romantisme Bung Tomo, Kumpulan Surat dan Dokumen Pribadi Pejuang Revolusi Kemerdekaan'.

(fzh/Antara/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa....
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)