SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jelang Mudik, Yuk Cek Daftar Titik Rawan Jalur Kemacetan

Rabu, 22 Juni 2016 10:00 by Dits | 1416 hits
Jelang Mudik, Yuk Cek Daftar Titik Rawan Jalur Kemacetan
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Mendekati Hari Raya Idul Fitri tentunya mudik sudah jadi tradisi dari tahun ke tahun, masyarakat akan berbondong-bondong untuk merayakan Lebaran di kampung halaman masing-masing. Kepadatan dan penumpukan kendaraan pun tak terhindarkan. Mudik selalu menyisakan kisah perjalanan panjang hingga berjam-jam lantaran terjebak kemacetan.

Korlantas Polri sudah memetakan titik-titik rawan kemacetan dan tindak kejahatan di jalur mudik Pulau Jawa. Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin memaparkan beberapa simpul kemacetan yang diperkirakan bakal menghambat perjalanan mudik.

"Survei sudah dilakukan, tanggal 7 Juni kami lakukan survei lokasi di Brebes yakni di lokasi potensi rawan macet di jalan Tol Cikampek exit gate Brebes Timur hingga Simpang Maya Kota Tegal," kata Kombes Benjamin seperti dilansir Antara di Jakarta, Selasa (21/6).

Dia menuturkan, kepadatan dan penumpukan kendaraan bakal terjadi di hampir semua jalan tol yang membelah Pulau Jawa. Mulai dari Tol Merak, Tol Cikampek, Tol Cirebon-Pejagan-Brebes, tol Semarang-Ungaran, Tol Semarang-Bawen dan Tol Surabaya-Pandaan. Tol Merak merupakan titik penumpukan kendaraan di wilayah Banten. Solusinya dilakukan rekayasa arus lalu lintas dengan pemberlakuan satu arah menuju Pelabuhan Merak.

Baca juga: Simpan Peta Jalur Mudik Pulau Jawa 2018 untuk Mudahkan Kegiatan Pulang Kampung

Untuk menghindari tersendatnya arus kendaraan di jalan tol, setiap tempat istirahat atau rest area yang sudah penuh, akan ditutup sementara dan kendaraan akan dialihkan ke rest area berikutnya. Selain itu di kilometer 41 hingga kilometer 68 Tol Cikampek akan diberlakukan sistem contraflow guna mengantisipasi kepadatan kendaraan pemudik.

Di jalur selatan Jawa Barat, Nagrek dan Cikaledong merupakan jalur yang akan dipadati kendaraan. Untuk itu, kata dia, akan diberlakukan sistem buka tutup arus lalin. "Arus akan dibuka tutup tiap setengah atau satu jam ," katanya.

Polisi juga sudah mengantisipasi kemungkinan kemacetan di pintu keluar tol Palikanci-Pejagan. Nantinya akan diberlakukan sistem buka tutup. "Akan ditempatkan perwira-perwira Korlantas untuk mengatur di situ," katanya.

Selanjutnya di wilayah Brebes hingga Tegal Kota, bila terjadi kemacetan sepanjang dua kilometer, menurut dia, akan dilakukan sistem contraflow dengan lajur tiga-satu. "Tiga lajur ke arah Semarang, untuk ke arah Jakarta hanya dibuka satu lajur," katanya.

Source:
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Gelaran pesta olahraga terbesar di Asia siap dilaksanakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang. Mengiringi Asian Games 2018, tentu aspek keamanan dan kenyamanan harus dipersiapkan sebaik baiknya untuk menyambut banyak kontingen peserta dari berbagai negara....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)