SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jelang Mudik, Yuk Cek Daftar Titik Rawan Jalur Kemacetan

Rabu, 22 Juni 2016 10:00 by Dits | 1388 hits
Jelang Mudik, Yuk Cek Daftar Titik Rawan Jalur Kemacetan
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Mendekati Hari Raya Idul Fitri tentunya mudik sudah jadi tradisi dari tahun ke tahun, masyarakat akan berbondong-bondong untuk merayakan Lebaran di kampung halaman masing-masing. Kepadatan dan penumpukan kendaraan pun tak terhindarkan. Mudik selalu menyisakan kisah perjalanan panjang hingga berjam-jam lantaran terjebak kemacetan.

Korlantas Polri sudah memetakan titik-titik rawan kemacetan dan tindak kejahatan di jalur mudik Pulau Jawa. Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin memaparkan beberapa simpul kemacetan yang diperkirakan bakal menghambat perjalanan mudik.

"Survei sudah dilakukan, tanggal 7 Juni kami lakukan survei lokasi di Brebes yakni di lokasi potensi rawan macet di jalan Tol Cikampek exit gate Brebes Timur hingga Simpang Maya Kota Tegal," kata Kombes Benjamin seperti dilansir Antara di Jakarta, Selasa (21/6).

Dia menuturkan, kepadatan dan penumpukan kendaraan bakal terjadi di hampir semua jalan tol yang membelah Pulau Jawa. Mulai dari Tol Merak, Tol Cikampek, Tol Cirebon-Pejagan-Brebes, tol Semarang-Ungaran, Tol Semarang-Bawen dan Tol Surabaya-Pandaan. Tol Merak merupakan titik penumpukan kendaraan di wilayah Banten. Solusinya dilakukan rekayasa arus lalu lintas dengan pemberlakuan satu arah menuju Pelabuhan Merak.

Baca juga: Waspada Titik Macet Saat Libur Panjang Idul Adha Akhir Pekan Besok

Untuk menghindari tersendatnya arus kendaraan di jalan tol, setiap tempat istirahat atau rest area yang sudah penuh, akan ditutup sementara dan kendaraan akan dialihkan ke rest area berikutnya. Selain itu di kilometer 41 hingga kilometer 68 Tol Cikampek akan diberlakukan sistem contraflow guna mengantisipasi kepadatan kendaraan pemudik.

Di jalur selatan Jawa Barat, Nagrek dan Cikaledong merupakan jalur yang akan dipadati kendaraan. Untuk itu, kata dia, akan diberlakukan sistem buka tutup arus lalin. "Arus akan dibuka tutup tiap setengah atau satu jam ," katanya.

Polisi juga sudah mengantisipasi kemungkinan kemacetan di pintu keluar tol Palikanci-Pejagan. Nantinya akan diberlakukan sistem buka tutup. "Akan ditempatkan perwira-perwira Korlantas untuk mengatur di situ," katanya.

Selanjutnya di wilayah Brebes hingga Tegal Kota, bila terjadi kemacetan sepanjang dua kilometer, menurut dia, akan dilakukan sistem contraflow dengan lajur tiga-satu. "Tiga lajur ke arah Semarang, untuk ke arah Jakarta hanya dibuka satu lajur," katanya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)