SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gelar Razia, Kota Ini Mendapati Pengemis Punya Mobil dan Kartu Kredit

Kamis, 16 Juni 2016 14:10 by reinasoebisono | 1540 hits
Gelar Razia, Kota Ini Mendapati Pengemis Punya Mobil dan Kartu Kredit
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Saat bulan Ramadhan, bukan pemandangan asing melihat ibukota Jakarta dipenuhi oleh pengemis ‘musiman’ yang beralasan mencari rezeki di bulan penuh berkah. Sebelumnya, Kementerian Sosial mencatat sekitar 5.000 pengemis memasuki Jakarta.

Tidak jarang Jakarta dan kota-kota lainnya melakukan razia dan ‘mengembalikan’ para pengemis ke tempat asal agar tidak terjadi lonjakan penduduk yang tidak jelas. Namun hal aneh terjadi di Kota Sampit, Kalimantan Tengah.

Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng mendapati seorang pengemis yang memiliki barang-barang yang membuatnya ‘tidak pantas’ disebut pengemis. Dari hasil pemeriksaan, pengemis bernama Arif Komady ini memiliki mobil, kartu ATM dan kartu kredit.

"Ada pengemis yang setelah diperiksa ternyata memiliki mobil sedan, kartu ATM dan kartu kredit. Selain itu juga ada beberapa pengemis lainnya yang terjaring," kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bima Ekawardhana melansir CNN.

Arif mengaku berasal dari Banjarmasin dan datang ke Sampit bersama istri dan anaknya untuk mengemis. Namun karena menderita cacat fisik, banyak yang iba padanya. Diketahui, Arif telah berpetualang ke beberapa kota seperti Kapuas, Palangka Raya hingga sampai Sampit selama sebulan untuk mengemis dengan mobil sedannya.

Baca juga: Viral, Seorang Nenek di Semarang Dipaksa Mengemis di Pinggir Jalan Oleh Cucunya

Setelah ditangkap, tidak ada sanksi khusus yang diberikan pada Arif, hanya ia dan teman-teman pengemis lainnya diminta untuk kembali ke daerah asal. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyayangkan adanya pengemis palsu seperti Arif karena menurut pandangan masyarakat, pengemis harusnya adalah orang kekurangan yang perlu dibantu.

"Ini benar-benar pengemis keren dan baru diketahui setelah dilakukan penyisiran oleh petugas dan dari pengemis ditemukan satu unit mobil dan kartu kredit,” kata Khofifah.

Karena itu, banyak himbauan kepada masyarakat untuk tidak memanjakan pengemis karena masih banyak cara untuk menyalurkan sedekah seperti melalui lembaga sosial resmi. Selain dapat dipertanggungjawabkan, sedekah tersebut juga tepat sasaran.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)