SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Digerebek, Perusahaan Otomotif Dunia Ini Bohongi Konsumen Selama 25 Tahun

Jumat, 29 April 2016 11:16 by reinasoebisono | 1589 hits
Digerebek, Perusahaan Otomotif Dunia Ini Bohongi Konsumen Selama 25 Tahun
Image source: nbks.com

DREAMERS.ID - Sebuah perusahaan mobil yang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat dunia secara mengejutkan memberikan pernyataan yang tak disangka-sangka. Perusahaan otomotif Mitsubishi Motor mengaku telah memalsukan salah satu faktor penting dari mobil-mobilnya.

Melansir CNN, brand mobil asal Jepang itu mengaku telah memalsukan uji coba efisiensi bahan bakar, dan hal ini telah dilakukannya selama 25 tahun. Pada pekan lalu, Mitsubishi mengaku telah menggunakan uji coba bahan bakar tak layak pada ratusan ribu kendaraan.

Bahkan, brand berlogo tiga berlian ini mengatakan juga melakukan pemalsuan tersebut pada sejumlah produk yang dijual ke brand lainnya, Nissan. Diketahui, penilaian efisiensi bahan bakar tinggi hanya dijual di Jepang, sedangkan yang dijual ke luar negeri tidak melalui uji coba yang layak seperti yang distandarkan bahkan oleh Mitsubishi sendiri.

Lebih lanjut, Mitsubishi mengatakan akan meminta pengacara dari luar perusahaan untuk menginvestigasi uji coba tersebut. Namun otoritas Jepang telah menggerebek kantor Mitsubishi minggu lalu.

Setelah mengaku memalsukan tes efisiensi bahan bakar selama 25 tahun, saham Mitsubishi turun 10%. Hal ini cukup mengejutkan karena dunia memang tengah concern masalah emisi bahan bakar dengan digalakkannya berbagai kampanye peduli lingkungan.

Bagaimanapun, isu lingkungan tengah marak dan bahan bakar menyumbang 70% polusi udara akibat kendaraan bermotor. Bukan yang pertama kali, Volkswagen juga tahun lalu mengaku telah curang saat melakukan uji coba emisi diesel di Amerika dan Eropa.

Perusahaan mobil asal Korea, Hyundai dan Kia pun diganjar denda Rp1.3 Triliun pada 2014 karena melebih-lebihkan estimasi bahan bakar ekonomis sejumlah kendaraan mereka.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sempat berkeinginan untuk mengajukan banding saat sidang akhir kasus penodaan agama digelar pada 9 Mei 2017 lalu. Namun hari ini, Senin (22/5) Ahok memutuskan untuk mencabut upaya hukum banding atas kasus yang menjeratnya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh keluarga Ahok usai melakukan diskusi....
  • HOT !
    Polisi akhirnya menetapkan 14 orang sebagai tersangka penganiayaan seorang Brigadir Taruna Dua Muda Mohammad Adam di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah menetapkan 14 orang tersebut yang juga adalah para taruna tingkat III atau senior....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Adinddd
Cast : Park Din Je (OC), Lee Dong Wook

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)