SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Digerebek, Perusahaan Otomotif Dunia Ini Bohongi Konsumen Selama 25 Tahun

Jumat, 29 April 2016 11:16 by reinasoebisono | 1626 hits
Digerebek, Perusahaan Otomotif Dunia Ini Bohongi Konsumen Selama 25 Tahun
Image source: nbks.com

DREAMERS.ID - Sebuah perusahaan mobil yang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat dunia secara mengejutkan memberikan pernyataan yang tak disangka-sangka. Perusahaan otomotif Mitsubishi Motor mengaku telah memalsukan salah satu faktor penting dari mobil-mobilnya.

Melansir CNN, brand mobil asal Jepang itu mengaku telah memalsukan uji coba efisiensi bahan bakar, dan hal ini telah dilakukannya selama 25 tahun. Pada pekan lalu, Mitsubishi mengaku telah menggunakan uji coba bahan bakar tak layak pada ratusan ribu kendaraan.

Bahkan, brand berlogo tiga berlian ini mengatakan juga melakukan pemalsuan tersebut pada sejumlah produk yang dijual ke brand lainnya, Nissan. Diketahui, penilaian efisiensi bahan bakar tinggi hanya dijual di Jepang, sedangkan yang dijual ke luar negeri tidak melalui uji coba yang layak seperti yang distandarkan bahkan oleh Mitsubishi sendiri.

Lebih lanjut, Mitsubishi mengatakan akan meminta pengacara dari luar perusahaan untuk menginvestigasi uji coba tersebut. Namun otoritas Jepang telah menggerebek kantor Mitsubishi minggu lalu.

Setelah mengaku memalsukan tes efisiensi bahan bakar selama 25 tahun, saham Mitsubishi turun 10%. Hal ini cukup mengejutkan karena dunia memang tengah concern masalah emisi bahan bakar dengan digalakkannya berbagai kampanye peduli lingkungan.

Bagaimanapun, isu lingkungan tengah marak dan bahan bakar menyumbang 70% polusi udara akibat kendaraan bermotor. Bukan yang pertama kali, Volkswagen juga tahun lalu mengaku telah curang saat melakukan uji coba emisi diesel di Amerika dan Eropa.

Perusahaan mobil asal Korea, Hyundai dan Kia pun diganjar denda Rp1.3 Triliun pada 2014 karena melebih-lebihkan estimasi bahan bakar ekonomis sejumlah kendaraan mereka.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)