SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perkiraan Hujan Lebat di Akhir Pekan, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Jumat, 22 April 2016 11:10 by zia92 | 1232 hits
Perkiraan Hujan Lebat di Akhir Pekan, BMKG Minta Masyarakat Waspada
Image source: beritasatu.

DREAMERS.ID - Dalam beberapa hari terakhir ini, hujan deras melanda beberapa daerah hingga menyebabkan banjir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun memprakirakan dalam tiga hari ke depan beberapa wilayah Indonesia masih berpotensi terjadi hujan lebat.

Wilayah yang berpotensi hujan di antaranya di Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Babel, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Maluku, dan Papua. "Sehingga masyarakat diimbau agar tetap waspada dalam menghadapi pontesi hujan lebat dengan terus memperbarui informasi cuaca dari BMKG," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Yunus Swarinoto, dalam keterangan persnya, Kamis (21/4), mengutip Antara.

Pos hujan BMKG mencatat curah hujan tertinggi selama 24 jam terakhir (21 April 2016) sebesar 202 mm di Depok, Jawa Barat. Sementara Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tercatat 166 mm, yang sudah masuk kategori sangat lebat (ekstrem). Hujan ini terjadi cukup merata di seluruh wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Lebih Berhati-hati, Potensi Hujan Lebat di Indonesia Meningkat Beberapa Hari Kedepan

"Kondisi ini dipicu daerah pertemuan dan belokan angin di sekitar Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan yang menyebabkan tumbuhnya awan-awan konvektif (tumbuh cepat) yang dapat menyebabkan hujan dengan disertai kilat dan guntur."

Berdasarkan prakiraan musim hujan 2016 yang dikeluarkan oleh BMKG, pada 2016 ini musim hujan cenderung lebih lama dibandingkan pada tahun normal. Sehingga pada tahun ini hujan masih relatif intensif hingga Mei 2016 dan mulai memasuki masa kering pada bulan Juni 2016 untuk sebagian besar wilayah Indonesia bagian barat.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)