DREAMERS.ID - Ada sebuah tren unik yang sedang berkembang di anak muda Korea Selatan masa kini. Jika anak-anak muda di negara lain masih bertumpu pada penghasilan orang tua, anak muda Korea Selatan sedang semangat membuat bisnis usaha.
Tidak biasa, mereka justru menggaet orang tuanya sendiri untuk berkolaborasi bisnis. Hal ini memang sudah dilakukan beberapa artis Korea yang membuat restoran atau penginapan untuk dijalankan oleh keluarga. Namun kini hal ini jadi tren di kalangan biasa.
Terbukti sejak 2013 hingga tahun ini, terdapat 171 toko atau outlet baru dari bisnis anak muda bersama orang tuanya. Meningkat 21.6% dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya meningkat 8.5%. Tren ini berasal dari anak muda pengangguran yang memiliki orang tua yang telah pensiun dari pekerjaannya.
Para orang tua biasanya memberikan modal sementara anak-anaknyalah yang menjalankan usaha. Usaha yang tengah jadi tren adalah waralaba atau franchise restoran barbekyu yang sedang digandrungi masyarakat Korea Selatan.
“Dulu, suami dan istri yang biasa bekerjasama membuka satu usaha, tapi kini tren berubah ke usaha orang tua-anak. Hal ini terjadi karena mampu menghemat biaya tenaga kerja dan memimalkan resiko usaha,” kata salah seorang pemilik franchise melansir Chosun Ilbo.
Perilaku ini mengalami perubahan dari yang sebelumnya para orang tua menginginkan anaknya bekerja di perusahaan besar. Kini orang tua bangga bisa ikut anaknya menjadi enterpreuneur setelah mengetahui sulitnya mencari pekerjaan di sana. Usaha sendiri justru membuka lapangan kerja bagi orang lain.
(rei)