home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kolaborasi Dengan Orang Tua, Ini Tren Usaha Anak Muda Korea Selatan

Kamis, 14 April 2016 23:00 by reinasoebisono | 3017 hits
Kolaborasi Dengan Orang Tua, Ini Tren Usaha Anak Muda Korea Selatan
Image source: Youtube

DREAMERS.ID - Ada sebuah tren unik yang sedang berkembang di anak muda Korea Selatan masa kini. Jika anak-anak muda di negara lain masih bertumpu pada penghasilan orang tua, anak muda Korea Selatan sedang semangat membuat bisnis usaha.

Tidak biasa, mereka justru menggaet orang tuanya sendiri untuk berkolaborasi bisnis. Hal ini memang sudah dilakukan beberapa artis Korea yang membuat restoran atau penginapan untuk dijalankan oleh keluarga. Namun kini hal ini jadi tren di kalangan biasa.

Terbukti sejak 2013 hingga tahun ini, terdapat 171 toko atau outlet baru dari bisnis anak muda bersama orang tuanya. Meningkat 21.6% dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya meningkat 8.5%. Tren ini berasal dari anak muda pengangguran yang memiliki orang tua yang telah pensiun dari pekerjaannya.

Para orang tua biasanya memberikan modal sementara anak-anaknyalah yang menjalankan usaha. Usaha yang tengah jadi tren adalah waralaba atau franchise restoran barbekyu yang sedang digandrungi masyarakat Korea Selatan.

“Dulu, suami dan istri yang biasa bekerjasama membuka satu usaha, tapi kini tren berubah ke usaha orang tua-anak. Hal ini terjadi karena mampu menghemat biaya tenaga kerja dan memimalkan resiko usaha,” kata salah seorang pemilik franchise melansir Chosun Ilbo.

Perilaku ini mengalami perubahan dari yang sebelumnya para orang tua menginginkan anaknya bekerja di perusahaan besar. Kini orang tua bangga bisa ikut anaknya menjadi enterpreuneur setelah mengetahui sulitnya mencari pekerjaan di sana. Usaha sendiri justru membuka lapangan kerja bagi orang lain.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)