SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rutin Diperkosa, Ini Pengakuan Mengejutkan Seorang Tentara Perempuan Korea Utara

Jumat, 08 April 2016 19:32 by reinasoebisono | 17553 hits
Rutin Diperkosa, Ini Pengakuan Mengejutkan Seorang Tentara Perempuan Korea Utara
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Korea Utara terkenal dengan sikap tanpa ampunnya dalam hal menyingkirkan pihak tak menguntungkan negara. Namun kali ini fakta yang terkuak adalah yang terjadi di dalam internal sistem kemiliteran mereka yang tidak menganggap derajat wanita.

Seorang pembelot dari Korea Utara yang juga seorang mantan tentara wanita Korut itu membeberkan perilaku tak layak yang dilakukan para tentara pria jika kekerasan adalah hal yang umum. Lee So Yeon adalah wanita berusia 41 tahun yang berani membuka sisi gelap itu.

Di kesempatan pidato konferensi di Seoul tentang hak-hak perempuan di Korut, Lee mengatakan jika prajurit senior menyalahgunakan kekuasaannya dengan kerap memperkosa prajurit wanita berpangkat rendah, singgung CNN.

“Dari 120 orang di unit saya, hanya ada 20 pria, tapi mereka semua berpangkat tinggi. Saya berada di kelompok pertama, tapi beberapa pemimpin kelompok di kelompok kedua memperkosa setiap tentara wanita yang berpangkat rendah,” ujar Lee.

Baca juga: Kim Jong Un Diklaim Punya Kekuatan Super Kendalikan Cuaca

Tidak hanya itu, Lee juga mengungkapkan jika “tidak ada konsep martabat perempuan” di lingkungan Korea Utara. Bahkan, tentara pria di sana dituding tidak paham konsep menstruasi karena Lee dan tentara wanita lain dipaksa menggunakan kembali pembalut yang telah dipakai.

Sebelumnya, wajib militer di Korea Utara hanya laki-laki, sedangkan perempuan bersifat sukarela. Namun karena menipisnya sumber daya manusia, pada Januari 2015 ditetapkan jika wanita berusia 17-20 tahun juga harus menjalani wajib militer.

Sedikitnya informasi tentang negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu membuat dunia sulit memperoleh berita akurat. Namun diperkirakan terdapat satu juta orang menjadi tentara di negara tetangga Korea Selatan tersebut.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)