SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rutin Diperkosa, Ini Pengakuan Mengejutkan Seorang Tentara Perempuan Korea Utara

Jumat, 08 April 2016 19:32 by reinasoebisono | 18131 hits
Rutin Diperkosa, Ini Pengakuan Mengejutkan Seorang Tentara Perempuan Korea Utara
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Korea Utara terkenal dengan sikap tanpa ampunnya dalam hal menyingkirkan pihak tak menguntungkan negara. Namun kali ini fakta yang terkuak adalah yang terjadi di dalam internal sistem kemiliteran mereka yang tidak menganggap derajat wanita.

Seorang pembelot dari Korea Utara yang juga seorang mantan tentara wanita Korut itu membeberkan perilaku tak layak yang dilakukan para tentara pria jika kekerasan adalah hal yang umum. Lee So Yeon adalah wanita berusia 41 tahun yang berani membuka sisi gelap itu.

Di kesempatan pidato konferensi di Seoul tentang hak-hak perempuan di Korut, Lee mengatakan jika prajurit senior menyalahgunakan kekuasaannya dengan kerap memperkosa prajurit wanita berpangkat rendah, singgung CNN.

“Dari 120 orang di unit saya, hanya ada 20 pria, tapi mereka semua berpangkat tinggi. Saya berada di kelompok pertama, tapi beberapa pemimpin kelompok di kelompok kedua memperkosa setiap tentara wanita yang berpangkat rendah,” ujar Lee.

Baca juga: Cerita Awal Saling 'Memanasi' Korut-Amerika yang Berujung Pembatalan Pertemuan Tingkat Tinggi

Tidak hanya itu, Lee juga mengungkapkan jika “tidak ada konsep martabat perempuan” di lingkungan Korea Utara. Bahkan, tentara pria di sana dituding tidak paham konsep menstruasi karena Lee dan tentara wanita lain dipaksa menggunakan kembali pembalut yang telah dipakai.

Sebelumnya, wajib militer di Korea Utara hanya laki-laki, sedangkan perempuan bersifat sukarela. Namun karena menipisnya sumber daya manusia, pada Januari 2015 ditetapkan jika wanita berusia 17-20 tahun juga harus menjalani wajib militer.

Sedikitnya informasi tentang negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu membuat dunia sulit memperoleh berita akurat. Namun diperkirakan terdapat satu juta orang menjadi tentara di negara tetangga Korea Selatan tersebut.

(rei)

  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)