SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dari Pemimpin Negara Hingga Messi, Ini Tokoh Dunia Yang Terlibat di Daftar Pencucian Uang Panama

Selasa, 05 April 2016 23:00 by reinasoebisono | 1945 hits
Dari Pemimpin Negara Hingga Messi, Ini Tokoh Dunia Yang Terlibat di Daftar Pencucian Uang Panama
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Beberapa hari belakangan dunia digemparkan oleh dokumen yang bocor ke publik yang diduga sebagai praktik pencucian uang terbesar di dunia. Yang mengejutkan, banyak nama-nama penting yang tidak asing lagi di mata masyarakat dunia muncul dalam dokumen tersebut.

Dokumen itu disebut Panama Papers karena negara itu dikenal sebagai surga pencucian uang sejak tahun 1980. Dokumen tersebut bocor dari sebuah lembaga hukum, Mossack Fonseca yang diduga membantu pemimpin dunia, selebriti, hingga penjahat kelas kakap dalam menghindari pajak.

Nama-nama seperti Presiden Rusia Vladimir Putin yang kenalannya disebut menyalurkan US$2 Miliar melalui bank, hingga pesepakbola Lionel Messi pun ada dalam dokumen sebesar 2.6 terabit itu. Jumlah ini bahkan 1.500 kali lebih besar dari dokumen Wikileaks yang bocor pada 2010 lalu.

Petinggi lembaga sepakbola dunia, FIFA juga masuk dalam nama pelaku pencucian uang. Terdapat 12 nama pemimpin atau mantan pemimpin negara bersama 128 politisi lain. Salah satunya adalah Presiden Argentina Mauricio Macri yang membantah tuduhan kepemilikan saham di perusahaan Bahama.

Perdana Menteri Islandia Sigmundur Gunnlaugsson pun mengamuk di sebuah acara televisi Swedia karena disudutkan dan dikecam karena tidak mengungkap perusahaan offshore milik istrinya. Nama Presiden China Xi Jinping juga ada dalam daftar tersebut. Mengapa Panama?

Hal ini terjadi karena Panama tidak melakukan peninjauan atau penilaian terhadap resiko pencucian uang yang bahayanya bisa saja digunakan untuk pendanaan teroris atau perdagangan narkoba. Sehingga siapapun bisa menanam investasi atau sekedar mengalirkan uang ‘tidak jelas’ mereka ke atau melalui Panama tanpa audit yang jelas. Inilah yang membuat nama-nama penting di atas memiliki kekayaan tersembunyi.

Dengan ratusan nama politisi, beberapa negara berjanji akan ikut menyelidiki kasus ini lebih lanjut. Bukan tidak mungkin ada nama dari Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

(rei/CNN)

  • HOT !
    Berita soal tradisi mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah makin diburu untuk persiapan tahunan pertengahan Juni mendatang. Informasi akses, transportasi dan kebutuhan personal lain juga jadi favorit pembaca Dreamers.id selama sepekan terakhir....
  • HOT !
    Pelaku bom tiga gereja di Surabaya tersisa tiga jasad yang belum dimakamkan. Namun akhirnya ketiganya dijemput oleh keluarga dan dimakamkan setelah sekian lama tertahan di RS Bhayangkara....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)