SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selundupkan Heroin, Tersangka Kasus Narkoba Ini Justru Minta Dihukum Mati

Selasa, 08 Maret 2016 20:20 by reinasoebisono | 1154 hits
Selundupkan Heroin, Tersangka Kasus Narkoba Ini Justru Minta Dihukum Mati
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Seorang terpidana umumnya meminta hukuman seringan-ringannya dengan cara hukum agar tetap dapat melanjutkan hidup dan bebas dari penjara. Namun seorang tersangka kasus penyelundupan narkoba ini justru meminta agar dirinya dihukum mati.

Chum Tat Suan, tersangka narkoba yang terbukti menyelundupkan heroin ke Singapura meminta agar dirinya dihukum mati saja ketimbang harus menjalani hukuman penjara seumur hidup. Chum dinyatakan bersalah setelah diketahui mengimpor heroin seberat 94.96 gram.

Pelanggaran semacam ini memang seharusnya dihukum mati karena maksimal membawa 15 gram narkoba untuk mendapat hukuman penjara, dan dalam kasus ini, Chum terbukti membawa narkoba melebihi batas tersebut.

Namun pengadilan Singapura merujuk pada perubahan hukum pada 2013 yang memungkinkan tersangka kasus narkoba hanya menjalani hukuman penjara dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah pembuktian jika orang tersebut hanya kurir yang bertugas diminta melakukan pengiriman narkoba, bukan bandarnya.

Baca juga: Jennifer Dunn Terancam Terkena Hukuman Terberat: Penjara Seumur Hidup

Tapi Chum berkata lain dengan meminta pengacaranya untuk mengajukan keberatan dengan vonis penjara seumur hidup dan ingin mengakhiri hidupnya saja. Permintaan Chum ini dimungkinkan karena ia tidak ingin menghabiskan hidupnya dalam penjara dan menganggapnya sebagai takdir yang lebih kejam.

Namun pada akhirnya, pengadilan menolak permintaan tersebut karena mempertimbangkan hukuman yang pantas untuk kasus ini adalah penjara seumur hidup, bukan hukuman mati. Entah apa yang menjadi ketakutan tersangka, karena penjara Singapura tidak pernah terdengar memiliki aktivitas ataupun tradisi yang kejam di dalamnya.

(rei)

  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Hubungan cinta terlarang dan kelewat batas tercermin dari kasus kehamilan siswi SMP di Tulungagung, Jawa Timur oleh seorang siswa SD. Mengejar legalitas untuk menikah, Kantor Urusan Agama (KUA) sempat menolak pernikahan keduanya karena belum cukup umur....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)