home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Spesial Hanya 4 Tahun Sekali, Simak Fakta Menarik Seputar Tahun Kabisat

Senin, 29 Februari 2016 15:35 by reinasoebisono | 1963 hits
Spesial Hanya 4 Tahun Sekali, Simak Fakta Menarik Seputar Tahun Kabisat
Image source: wagehourins

DREAMERS.ID - Tanggal 29 Februari hanya terjadi setiap 4 tahun sekali yang lebih dikenal dengan tahun Kabisat. Tahun 2016 adalah tahun spesial karena menjadi tahun yang habis dibagi 4 dan juga hari ulang tahun bagi mereka yang lahir pada hari ini sekali dalam 4 tahun!

Sejarah bagaimana Tahun Kabisat bisa terjadi adalah perbedaan antara penanggalan Gregorian dengan waktu bumi mengelilingi matahari. Penanggalan Gregorian seperti yang diketahui, ada 365 hari per tahun. Nyatanya, bumi memerlukan waktu 365,2422. Karenanya, setiap 4 tahun sekali akan ada kelebihan 1 hari yang harus dihabiskan manusia.

Mengapa Februari? Awalnya Julius Caesar yang memaksa ingin 1 hari lebih itu ditempatkan di bulan kelahirannya, Juli. Namun saat Augustus Caesar berkuasa, ia ingin hari spesial tersebut ada di bulan kelahirannya, Agustus. Entah bagaimana kisahnya, akhirnya Februarilah yang mendapat kehormatan tersebut.

Lalu apa saja fakta menarik selain itu di tahun yang hanya terjadi 4 tahun sekali ini?

1. Leapling atau Leapler
Mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari disebut leapling atau leapler. Perbandingannya hanya 1:1.461 di dunia yang lahir pada tanggal itu dan hanya ada 5 sekitar 5 juta leapler di dunia, termasuk di antaranya adalah penyanyi rock Mark Foster.

Baca juga: Sambut Tahun Kabisat, Restoran Ini Suguhkan Paket Romantis Untuk Melamar

2.Ibukota Kabisat
Anthony, Texas di Amerika Serikat disebut sebagai ibukota Kabisat karena setiap 29 Februari, ada festival khusus untuk orang-orang yang lahir 4 tahun sekali itu.


Image source: lackuna.com

3. Tahun Kabisat, Tahun Sial
Di beberapa negara, tahun Kabisat dipercaya sebagai tahun pembawa sial. Seperti di Yunani, para pasangan menolak untuk menikah di tahun Kabisat. Sedangkan di Rusia, Kabisat dianggap pembawa bencana buruk, sementara di Skotlandia, tahun ini bukan tahun yang baik untuk mengembangkan ternak.

4. Ulang Tahun 4 Tahun Sekali?
Apakah mereka yang lahir tanggal 29 Februari benar-benar hanya berulang tahun 4 tahun sekali? Berarti umur orang normal 4 kalinya leapler? Tidak. Leapler tetap bertambah umur tiap tahun. Di Hong Kong, ulang tahun resmi leapler adalah 28 Februari, sedangkan New Zealand memilih 1 Maret setiap tahunnya.

Terlepas dari mitos keberuntungan atau pembawa sial, tanggal 29 Februari sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada aktivitas sehari-hari manusia. Mulai dari cuaca ataupun kondisi bumi itu sendiri. Apakah kamu atau keluarga ada yang lahir di hari Kabisat ini, Dreamers?

(rei/Berbagai Sumber)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)