SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Luncurkan Portal Bela Negara, Apa Isinya?

Selasa, 23 Februari 2016 14:12 by zia92 | 4555 hits
Pemerintah Luncurkan Portal Bela Negara, Apa Isinya?
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Kementerian Pertahanan meluncurkan Portal Bela Negara untuk memperluas jaringan dan mempermudah penyebaran informasi program pendidikan dan latihan bela negara. Portal Bela Negara ini secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

"Dengan adanya Portal Bela Negara Kemhan ini diharapkan publik mengenal lebih dekat tentang program Diklat Bela Negara yang diselenggarakan Kemhan, di samping itu sebagai media atau sarana untuk berbagi informasi khususnya yang terkait dengan kegiatan Bela Negara," kata Ryamizard dalam sambutannya di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (23/2).


Image source: Merdeka

Menurutnya, di portal itu nantinya masyarakat dapat memberikan saran dan masukan yang bersifat membangun demi suksesnya program Diklat Bela Negara yang telah dicanangkan oleh Kemhan. Lebih lanjut, Ryamizard menjelaskan, Bela Negara merupakan program prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

"Program Diklat Bela Negara bersifat soft power atau kekuatan lunak dalam mendayagunakan potensi pertahanan yang dimiliki Bangsa Indonesia dengan memanfaatkan SDM dalam hal ini warga negara Indonesia, baik di lingkungan pendidikan, pemukiman atau lingkungan kerja," jelas Ryamizard.

Soft power, kata Ryamizard, adalah sebuah konsep yang melengkapi hard power. Bila digunakan dalam kombinasi yang tepat, menjadi smart power yang ampuh mewujudkan kepentingan suatu negara.

"Dewasa ini banyak negara dengan serius membangun soft power untuk meraih tujuan-tujuan politiknya, apakah ketersediaan energi di masa depan, penerapan pemerintahan yang demokratis, peningkatan perdagangan, kerja sama militer guna mewujudkan ketahanan nasional," tandasnya.

Untuk diketahui, Portal Bela Negara dengan alamat www.belanegara.kemhan.go.id ini dibangun oleh Kemhan dengan menggunakan platform karya anak bangsa yaitu bekerja sama dengan PT iBolz Digital Indonesia. Portal tersebut meliputi 6 in 1 yang terdiri dari Bela Negara TV, Bela Negara Web Portal, Bela Negara Chat, Bela Negara Admin Tools, dan Kementerian Pertahanan TV.

Source:
  • HOT !
    Perpres Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, resmi diteken oleh Presiden Jokowi. Yang terbaru, Perpres tersebut mengatur hak keuangan para kepala dan anggotanya. Perpres No 42 Tahun 2018 ini mengatur tentang hak keuangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di mana Kepala BPIP diduduki oleh Megawati Soekarnoputri dengan hak keuangan mencapai Rp112 juta....
  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
     Euforia mudik diprediksi mulai lebih awal karena libur dan cuti bersama dari pemerintah yang juga sudah ditetapkan dari beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah jadi tradisi jika mudik identik dengan kemacetan....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)