SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ramai Kantong Plastik Berbayar, Indonesia Ternyata Penyumbang Sampah Plastik Terbesar ke-2 di Dunia

Selasa, 23 Februari 2016 10:00 by zia92 | 2558 hits
Ramai Kantong Plastik Berbayar, Indonesia Ternyata Penyumbang Sampah Plastik Terbesar ke-2 di Dunia
Image source: viva.co.id

DREAMERS.ID - Dalam upaya mengurangi jumlah sampah plastik di Indonesia, pemerintah mulai menggalakkan kantong plastik berbayar di sejumlah supermarket dan minimarket di kota-kota besar. Tapi sebenarnya seberapa parah sih jumlah sampah plastik yang disumbangkan Indonesia?

Seperti dilansir laman CNN, Indonesia masuk peringkat kedua di dunia sebagai penghasil sampah plastik ke laut setelah Cina. Hal itu berkaitan dengan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menyebut plastik hasil dari 100 toko atau anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dalam waktu satu tahun saja, sudah mencapai 10,95 juta lembar sampah kantong plastik.

Jumlah itu ternyata setara dengan luasan 65,7 hektare kantong plastik atau sekitar 60 kali luas lapangan sepak bola. Padahal, KLHK menargetkan pengurangan sampah plastik lebih dari 1,9 juta ton hingga 2019.

Berdasarkan data Jambeck (2015), Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 187,2 juta ton setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton.

Berada di urutan ketiga adalah Filipina yang menghasilkan sampah plastik ke laut mencapai 83,4 juta ton, diikuti Vietnam yang mencapai 55,9 juta ton, dan Sri Lanka yang mencapai 14,6 juta ton per tahun.

Lebih dari satu juta kantong plastik digunakan setiap menitnya, dan 50 persen dari kantong plastik tersebut dipakai hanya sekali lalu langsung dibuang. Dari angka tersebut, menurut Dirjen Pengelolan Sampah, Limbah, dan B3 KLHK Tuti Hendrawati Mintarsih, hanya lima persen yang benar-benar di daur ulang.

(fzh)

  • HOT !
    Jelang Pemilu Presiden 2019, lembaga lembaga survei gencar merilis hasil elektabilitas para calon pilihan rakyat dalam memimpin negara. Namun bagaimana dengan performa sang petahana alias Presiden Jokowi di mata publik?...
  • HOT !
    Sekolah sejatinya menjadi tempat menimba ilmu sebaik baiknya sejak dini. Tapi mirisnya masa depan dua bocah di Tulungagung harus terusik dengan nekat melakukan hubungan terlarang hingga berujung kehamilan....
  • HOT !
    Beredar video pimpinan FPI, Habib Rizieq Shihab yang menyebut seorang mantan napi teroris, Sofyan Tsauri sebagai intel teroris. Sofyan Tsauri pun mengaku merasa dirugikan termasuk keluarganya yang mendapat ancaman....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)