home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi Perdebatan, Panasonic Beri Perlakuan Sama Terhadap Karyawan LGBT

Senin, 22 Februari 2016 23:00 by fzhchyn | 2971 hits
Jadi Perdebatan, Panasonic Beri Perlakuan Sama Terhadap Karyawan LGBT
Image source: japantimes.

DREAMERS.ID - Perusahaan elektronik Jepang, Panasonic Corp., mengumumkan dukungan bagi karyawan yang memiliki preferensi seksual sesama jenis. Tak sekadar mendukung, karyawan Lesbian, Biseksual, Gay, dan Transeksual (LGBT) diizinkan menikah dengan sesamanya.

Peraturan perusahaan itu diumumkan oleh juru bicara Chieko Gyobu dalam jumpa pers di Kota Osaka, akhir pekan ini. Selain izin menikah sesama jenis, Panasonic menyatakan karyawan LGBT menerima hak sama seperti pekerja heteroseksual. "Hak cuti, asuransi, maupun bonus juga diberikan kepada karyawan dengan preferensi seksual sesama jenis," ujarnya seperti dilansir Mainichi Shimbun, Sabtu (20/2).

Manajemen Panasonic mengklaim sudah melakukan kajian sejak lama mendukung karyawan LGBT. Selain atas desakan internal, perusahaan yang memiliki 250 ribu pekerja di seluruh dunia ini akan menjadi sponsor Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil, pertengahan tahun ini.

Baca juga: Pertama Di Dunia, Baterai Berukuran Tipis Layaknya Kartu ATM dan Bisa Dibengkokkan

Komite Olimpiade Dunia, dalam salah satu Anggaran Rumah Tangga, menyebutkan semua pihak pendukung pergelaran olahraga terbesar ini, tidak boleh mendiskriminasi seseorang atas dasar apapun, termasuk karena preferensi seksual mereka. "Manajemen menilai hak-hak individu dalam perusahaan ini harus dihormati, keunikan mereka berharga bagi perusahaan," kata Tetsuya Senmatsu, Manajer Sumber Daya Manusia Panasonic.

Kebijakan Panasonic cukup progresif untuk ukuran korporasi besar di Jepang. Masyarakat di Negeri Matahari Terbit kebanyakan bersikap acuh pada isu LGBT, kalau bukan menolaknya. Selain Panasonic, baru IBM Jepang yang sudah mendukung karyawan yang ingin menikah sesama jenis. IBM bahkan memberi cuti menikah serta bonus khusus untuk pekerja LGBT yang menikah.

Sementara itu, pernikahan sejenis mulai legal pada November 2015 di Jepang. Sertifikat pernikahan dikeluarkan oleh Catatan Sipil Distrik Shibuya, Ibu Kota Tokyo, sehingga status hukum mereka setara dengan pasangan lainnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)