SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Lagi Secara Fisik, Kini Makin Banyak Remaja Korea Terlibat Cyber Bullying

Jumat, 12 Februari 2016 11:00 by zia92 | 2746 hits
Tak Lagi Secara Fisik, Kini Makin Banyak Remaja Korea Terlibat Cyber Bullying
Image source: 1080plus.co

DREAMERS.ID - Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan baru-baru ini, menunjukkan bahwa setengah dari remaja di Korea telah menjadi korban bullying secara online. Intimidasi tersebut kebanyakan terjadi melalui layanan pesan instan yang populer di kalangan remaja Korea, KakaoTalk.

Dalam melakukan survei tersebut, Korea Institute of Criminology mengambil 5.356 siswa sekolah dasar. Karena semakin banyaknya remaja yang menggnakan smartphone, bullying di sekolah yang biasa terjadi secara fisik kini telah beralih ke dunia maya.

Sebanyak 46,6% responden mengatakan bahwa mereka telah mengalami cyber bullying, namun yang lebih buruk adalah 56% mengaku telah melakukan bullying tersebut dan menjadi pelakunya. Hasil survei juga menunjukkan satu dari dua korban merupakan teman satu kelas.

Seperti dilaporkan Chosun Ilbo, para korban bully sering diundang ke grup chat lalu dilecehkan, atau pelaku membuat chatroom sendiri di mana mereka akan menyebarkan komentar kasar tentang korban di belakang.

Sementara itu, bullying yang terjadi di Facebook dan media sosial lainnya terhitung sangat kecil.

Baca juga: Viral di Indonesia, Aplikasi 'Kotak Saran' Sarahah Malah Disalahgunakan?

Nahasnya, 4,4% korban cyber bullying ini mengatakan kalau mereka telah dianggap bunuh diri, sementara 4,5% mengatakan kalau mereka memiliki waktu yang sulit untuk menjalin pertemanan dan 5,5% lainnya merasa dikucilkan.

Sedangkan bagi para pelaku, sebanyak 23,2% mengaku bahwa mereka tidak memiliki emosi tertentu saat mem-bully temannya. Dan 14,2% merasa bersalah karena mereka hanya bersenang-senang.

“Cyber bullying sering mengarah ke kekerasan dalam kehidupan nyata,” kata Lee Seung Hyun dari lembaga survei tersebut. Sebanyak 28% korban juga mengatakan kalau kekerasan terjadi dalam kehidupan nyata.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)