home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apartemen yang Ambruk Akibat Gempa Taiwan Ternyata Rangka Dindingnya dari Kaleng!

Rabu, 10 Februari 2016 23:00 by fzhchyn | 3997 hits
Apartemen yang Ambruk Akibat Gempa Taiwan Ternyata Rangka Dindingnya dari Kaleng!
Image source: npr.org

DREAMERS.ID - Gempa 6,4 skala richter yang mengguncang Kota Tainan, Taiwan pekan lalu setidaknya merobohkan 10 bangunan tinggi di negara itu. Namun hanya apartemen bernama Dragon Building, bangunan dengan tinggi lebih dari 10 lantai, yang hancur berkeping-keping.

Setelah tim SAR menemukan sebuah fakta yang sangat mencengangkan, yaitu rangka dinding apartemen tersebut terbuat dari kaleng, Pengadilan Taiwan pun menerbitkan surat perintah penahanan terhadap developer atau pengembang apartemen.


Image source: thesun.co.uk

Pengembang Bangunan Wei Guan Dragon Building dinilai serampangan membangun apartemen itu, dengan penemuan fakta bongkahan dinding gedung 17 lantai ini diisi kaleng-kaleng yang disemen, tanpa rangka besi. Padahal diketahui apartemen tersebut sudah selesai dibangun sejak 1994.

Laman Metro melaporkan pada Rabu (10/2) salah satu rangka penyusun bangunan hanyalah kaleng bekas minyak goreng. Selain kaleng, balok pengisi dinding diisi karet sintetis yang dicampur beton. Kaleng dipakai karena bisa menciptakan kesan tembok berisi.

Akibat konstruksi bangunan yang mengabaikan keamanan ini, 41 orang tewas setelah apartemen tersebut ambruk. Sosok yang kini ditahan pengadilan Taiwan adalah Lin Ming-hui, bos pengembang Dragon Building. Di reruntuhan apartemen yang sama, dilaporkan lebih dari 100 penghuni masih belum ditemukan.

Taiwan memiliki aturan konstruksi bangunan yang sangat ketat di dunia, karena negara ini kerap mengalami gempa. Peristiwa lindu paling parah sebelumnya terjadi pada 1999, yang menewaskan lebih dari 2.300 jiwa.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)