SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apartemen yang Ambruk Akibat Gempa Taiwan Ternyata Rangka Dindingnya dari Kaleng!

Rabu, 10 Februari 2016 23:00 by zia92 | 3508 hits
Apartemen yang Ambruk Akibat Gempa Taiwan Ternyata Rangka Dindingnya dari Kaleng!
Image source: npr.org

DREAMERS.ID - Gempa 6,4 skala richter yang mengguncang Kota Tainan, Taiwan pekan lalu setidaknya merobohkan 10 bangunan tinggi di negara itu. Namun hanya apartemen bernama Dragon Building, bangunan dengan tinggi lebih dari 10 lantai, yang hancur berkeping-keping.

Setelah tim SAR menemukan sebuah fakta yang sangat mencengangkan, yaitu rangka dinding apartemen tersebut terbuat dari kaleng, Pengadilan Taiwan pun menerbitkan surat perintah penahanan terhadap developer atau pengembang apartemen.


Image source: thesun.co.uk

Pengembang Bangunan Wei Guan Dragon Building dinilai serampangan membangun apartemen itu, dengan penemuan fakta bongkahan dinding gedung 17 lantai ini diisi kaleng-kaleng yang disemen, tanpa rangka besi. Padahal diketahui apartemen tersebut sudah selesai dibangun sejak 1994.

Laman Metro melaporkan pada Rabu (10/2) salah satu rangka penyusun bangunan hanyalah kaleng bekas minyak goreng. Selain kaleng, balok pengisi dinding diisi karet sintetis yang dicampur beton. Kaleng dipakai karena bisa menciptakan kesan tembok berisi.

Akibat konstruksi bangunan yang mengabaikan keamanan ini, 41 orang tewas setelah apartemen tersebut ambruk. Sosok yang kini ditahan pengadilan Taiwan adalah Lin Ming-hui, bos pengembang Dragon Building. Di reruntuhan apartemen yang sama, dilaporkan lebih dari 100 penghuni masih belum ditemukan.

Taiwan memiliki aturan konstruksi bangunan yang sangat ketat di dunia, karena negara ini kerap mengalami gempa. Peristiwa lindu paling parah sebelumnya terjadi pada 1999, yang menewaskan lebih dari 2.300 jiwa.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pemerintah menetapkan Idul Fitri atau 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh esok hari, Minggu (25/6). Penetapan tersebut berdasarkan Sidang Isbat yang dilakukan pada Sabtu (24/6) yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama....
  • HOT !
    Sebelum mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berkunjung ke Bali untuk berlibur, ada Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulazis Al Saud yang juga menghabiskan waktu untuk liburan ke Bali. Meski keduanya tergolong sebagai tamu VVIP, namun ada perbedaan penyambutan....
  • HOT !
    Barack Obama dan 13 orang keluarganya akan berkunjung ke Bali untuk berlibur selama enam hari. Rencananya, mantan Presiden Amerika tersebut akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Jumat (23/6) dengan pesawat khusus pukul 17.55 WITA dari Bandara Guam....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)