home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Pastikan Satu WNI Tertangkap Diduga Teroris di Arab Saudi

Selasa, 02 Februari 2016 17:18 by fzhchyn | 1183 hits
Pemerintah Pastikan Satu WNI Tertangkap Diduga Teroris di Arab Saudi
Image source: alarabiya.n

DREAMERS.ID - Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh membenarkan adanya warga negara Indonesia (WNI) yang ditangkap otoritas keamanan Saudi, diduga teroris.

"Kami melakukan penelusuran secara intensif ke seluruh otoritas terkait di Arab Saudi. Dari hasil penelusuran tersebut, diperoleh informasi bahwa memang ada seorang WNI yang ikut ditangkap," ungkap Wakil Duta Besar RI di Riyadh, Sunarko, melalui keterangan tertulis Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia yang diterima merdeka.com, Selasa (2/2).

Dengan diterimanya informasi penangkapan WNI tersebut, pihak KBRI Riyadh menyatakan siap untuk memberikan bantuan berupa perlindungan hukum kepada si terduga itu. Sejak awal pemberitaan WNI ditangkap di Saudi oleh koran Saudi Gazette, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L. P. Marsudi, memerintahkan KBRI untuk mencari informasi dan klarifikasi, serta memberikan perlindungan hukum.

"Dari data awal yang kami peroleh dari pihak Arab Saudi, kami melakukan penelusuran lebih lanjut ke Sistem Informasi Keimigrasian (SIMKIM) yang dikelola imigrasi Indonesia untuk beroleh detail dari yang bersangkutan," lanjut Wadubes Sunarko.

Baca juga: Daftar Negara yang Sudah Terima Kedatangan Warga Negara Indonesia

Sunarko juga mengungkapkan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi akan memberikan notifikasi resmi sesegera mungkin atas penangkapan WNI tersebut. "Kemlu Arab Saudi akan menyampaikan notifikasi resmi mengenai penangkapan tersebut sesegera mungkin kepada KBRI. Atas dasar notifikasi resmi tersebut, kami akan meminta akses kekonsuleran untuk menemuinya," tambah Sunarko.

Berdasarkan data yang ada, WNI yang ditangkap tersebut berinisial AB. Dia berasal dari Jawa Barat dan masuk ke Arab Saudi pada 2014 untuk bekerja di sebuah perusahaan konstruksi.

KBRI sendiri akan memberikan kerjasama yang dibutuhkan pemerintah Saudi dalam upaya investigasi. Pihak KBRI juga akan memastikan hak-hak hukum AB dipenuhi sepanjang proses hukum berlangsung.

Kemarin, Kerajaan Arab Saudi mengumumkan penangkapan 33 tersangka terorisme dalam empat hari terakhir. Aparat menangkap 14 warga Saudi, 3 orang Yaman, 9 warga Amerika Serikat, 2 penduduk Suriah, 1 WNI, 1 warga Filipina, 1 asal Kazakhstan, dan 1 asal Palestina. [ard]

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)