SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Situs Memorial Korban Tragedi Sewol Akan Dipindahkan, Keluarga Korban Marah

Jumat, 08 Januari 2016 18:10 by zia92 | 2237 hits
Situs Memorial Korban Tragedi Sewol Akan Dipindahkan, Keluarga Korban Marah
Image source: The Hankyor

DREAMERS.ID - Ruang kelas di SMA Danwon yang digunakan sebagai situs memorial untuk mengenang korban tenggelamnya kapal feri Sewol dikabarkan akan dipulihkan menjadi ruang kelas biasa untuk program belajar-mengajar. Hal ini pun memicu berbagai kontroversi dan mendapat sorotan media.

Kontroversi ini menyeruak kembali saat Dinas Pendidikan Gyeonggi-do mengumumkan niat mereka untuk memindahkan situs memorial, dan membuat keluarga korban yang masih hidup menyatakan keputusan mereka untuk tidak menghadiri acara wisuda yang dimaksudkan untuk menghormati almarhum.

Melansir Allkpop, sebuah organisasi yang menamakan diri ‘4/16 Sewol Families for Truth and A Safer Society’ menyatakan pada Rabu (06/01) melalui siaran pers dengan judul “Pemikiran Kami Mengenai Ruang Kelas SMA Dawon”.

“Kami tidak bisa berkompromi mengenai kelas 416 sampai SMA Danwon memulai sistem pendidikan baru dengan membiarkan tragedi Sewol untuk melayani sebagai sebuah pembelajaran,” katanya.

Mengenai upacara wisuda kehormatan yang rencananya akan diselenggarakan 12 Januari mendatang, organisasi tersebut mengatakan, “Masih ada guru dan anak-anak yang belum kembali sehingga kita tidak bisa melakukan kelulusan lebih dulu. Kami tidak akan menghadiri upacar yang memaksa kita menghapus kenangan mereka yang hilang dalam tragedi itu.”

Baca juga: 'Intention': Film Dokumenter Tentang Konspirasi Dibalik 4 Tahun Tragedi Tenggelamnya Kapal Sewol

Dan karena banyaknya tuntutan, pihak sekolah pun akhirnya memutuskan mengadakan upacara wisuda biasa pada 6 Januari lalu dan membatalkan upacara wisuda kehormatan bagi para siswa yang menjadi korban.

Pada September lalu, organisasi ini telah menyarankan pihak sekolah untuk membangun bangunan lain guna menampung siswa yang mendaftar di semester baru dan melestarikan situs memorial dengan memisahkannya dari sekolah.

Sebagai tanggapan, Dinas Pendidikan telah menyarankan rencana untuk memindahkan situs memorial ke properti milik umum yang ada di depan sekolah untuk sementara. Namun sampai saat ini kedua belah pihak masih bernegosiasi tanpa kata sepakat.

Sementara itu, semester baru akan segera dimulai dengan sekitar 300 siswa baru dan membuat SMA Danwon membutuhkan lebih banyak kursi, termasuk kursi di ruang kelas yang saat ini digunakan sebagai situs memorial.

(fzh)

  • HOT !
    Berita soal tradisi mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah makin diburu untuk persiapan tahunan pertengahan Juni mendatang. Informasi akses, transportasi dan kebutuhan personal lain juga jadi favorit pembaca Dreamers.id selama sepekan terakhir....
  • HOT !
    Pelaku bom tiga gereja di Surabaya tersisa tiga jasad yang belum dimakamkan. Namun akhirnya ketiganya dijemput oleh keluarga dan dimakamkan setelah sekian lama tertahan di RS Bhayangkara....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)