SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Balas Uji Coba Nuklir Korut, Korsel Akan Lanjutkan Siaran Propaganda

Jumat, 08 Januari 2016 11:02 by zia92 | 1670 hits
Balas Uji Coba Nuklir Korut, Korsel Akan Lanjutkan Siaran Propaganda
Image source: koreatimes.

DREAMERS.ID - Korea Selatan dilaporkan akan melanjutkan siaran propaganda melalui speaker raksasa di sepanjang wilayah perbatasan dengan Korea Utara pada Jumat (08/01) siang ini. Hal tersebut dilakukan untuk membalas uji coba bom nuklir keempat yang dilakukan Pyongyang pada Rabu lalu.

Seperti yang diketahui, sebelumnya Korsel juga melakukan siaran proganda saat kedua negara ini kembali memanas pada beberapa bulan yang lalu, namun siaran dihentikan sejak empat bulan lalu setelah keduanya mencapai kesepakatan untuk mengusung perdamaian pada 25 Agustus lalu.

“Uji coba nuklir Korut melanggar kewajiban dan komitmen dengan masyarakat internasional dan gagal menghormati perjanjian pada 25 Agustus lalu,” kata Cho Tae-yong, wakil kepala Kantor Keamanan Nasional, mengutip Korea Times.

Berdasarkan kesepakan yang dibuat kedua negara Korea, Seoul berhenti menyerukan pesan propaganda tentang rezim Kim Jong Un di Zona Demiliterisasi (DMZ) dan sepakat untuk tidak melanjutkannya kecuali ada peristiwa “abnormal” yang harus dilakukan. Dan Korsel menganggap uji coba nuklir yang dilakukan Korut adalah hal yang tidak normal.

“Akibatnya, pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan siaran propaganda pada siang hari di 8 Januari,” katanya.

Baca juga: Sama-sama Tampan, Sederet Seleb Cowok Indonesia dan Korea Ini Mirip Banget!

Siaran propaganda lanjutan ini merupakan bagian dari program perang secara psikologis dan Korut telah menunjukkan reaksi yang sensitif akan taktik ini. Pemerintah Korut tampaknya khawatir tentang efek siaran propaganda yang mungkin bisa mempengaruhi militer dan warganya.

Mengingat siaran propaganda ini dilakukan di hari ulang tahun Kim Jong Un, respon yang kuat dari negara diktator itu pun sangat diantisipasi. Dalam persiapan kemungkinan adanya provokasi, pemerintah Korsel mengatakan bahwa militernya sudah sangat siaga.

“Jika Korut membuat provokasi militer, kami dengan tegas akan membalas mereka,” kata Cho.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat menyoroti keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk tidak lagi membuka akses warga melihat proses rapat Pemprov DKI. Karena Anies Sandi tidak mengunggah video semacam itu di channel Youtube lagi....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Kabar mengejutkan datang dari Fredrich Yunadi yang tak lain adalah pengacara tersangka kasus megakorupsi pengadaan e KTP, Setya Novanto. Fredrich yang dari awal setia mendampingi Novanto dalam proses penyidikan KPK tiba tiba saja memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengacara Ketua DPR tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)