SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Balas Uji Coba Nuklir Korut, Korsel Akan Lanjutkan Siaran Propaganda

Jumat, 08 Januari 2016 11:02 by zia92 | 1724 hits
Balas Uji Coba Nuklir Korut, Korsel Akan Lanjutkan Siaran Propaganda
Image source: koreatimes.

DREAMERS.ID - Korea Selatan dilaporkan akan melanjutkan siaran propaganda melalui speaker raksasa di sepanjang wilayah perbatasan dengan Korea Utara pada Jumat (08/01) siang ini. Hal tersebut dilakukan untuk membalas uji coba bom nuklir keempat yang dilakukan Pyongyang pada Rabu lalu.

Seperti yang diketahui, sebelumnya Korsel juga melakukan siaran proganda saat kedua negara ini kembali memanas pada beberapa bulan yang lalu, namun siaran dihentikan sejak empat bulan lalu setelah keduanya mencapai kesepakatan untuk mengusung perdamaian pada 25 Agustus lalu.

“Uji coba nuklir Korut melanggar kewajiban dan komitmen dengan masyarakat internasional dan gagal menghormati perjanjian pada 25 Agustus lalu,” kata Cho Tae-yong, wakil kepala Kantor Keamanan Nasional, mengutip Korea Times.

Berdasarkan kesepakan yang dibuat kedua negara Korea, Seoul berhenti menyerukan pesan propaganda tentang rezim Kim Jong Un di Zona Demiliterisasi (DMZ) dan sepakat untuk tidak melanjutkannya kecuali ada peristiwa “abnormal” yang harus dilakukan. Dan Korsel menganggap uji coba nuklir yang dilakukan Korut adalah hal yang tidak normal.

“Akibatnya, pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan siaran propaganda pada siang hari di 8 Januari,” katanya.

Baca juga: Diam-diam Presiden Korsel Moon Jae In dan Kim Jong Un Kembali Bertemu!

Siaran propaganda lanjutan ini merupakan bagian dari program perang secara psikologis dan Korut telah menunjukkan reaksi yang sensitif akan taktik ini. Pemerintah Korut tampaknya khawatir tentang efek siaran propaganda yang mungkin bisa mempengaruhi militer dan warganya.

Mengingat siaran propaganda ini dilakukan di hari ulang tahun Kim Jong Un, respon yang kuat dari negara diktator itu pun sangat diantisipasi. Dalam persiapan kemungkinan adanya provokasi, pemerintah Korsel mengatakan bahwa militernya sudah sangat siaga.

“Jika Korut membuat provokasi militer, kami dengan tegas akan membalas mereka,” kata Cho.

(fzh)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)