SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal AgustaWestland, Helikopter Terbaik Dunia yang Akan Dikirim Untuk Presiden Jokowi

Senin, 30 November 2015 12:27 by reinasoebisono | 1970 hits
Mengenal AgustaWestland, Helikopter Terbaik Dunia yang Akan Dikirim Untuk Presiden Jokowi
Image source: Wikipedia

DREAMERS.ID - Belakangan keputusan pemerintah untuk membeli helikopter kepresidenan menuai banyak kritik. Selain biaya yang tidak sedikit, banyak pihak menyayangkan keputusan yang tidak memilih produk dalam negeri.

Karya bangsa dari PT. Dirgantara Indonesia yang tidak dipilih, tentu memiliki harga yang relatif lebih murah. Selain itu transportasi tersebut dinilai belum dibutuhkan dari sisi urgensinya, karena ancaman terhadap negara khususnya Presiden Indonesia tidak seperti negara lain.


Image source: agustawestland.com

Namun Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan mengatakan helikopter AgustaWestland adalah transportasi VVIP yang terjamin keamanannya dan pilihan terbaik untuk Presiden.

AgustaWestland AW101 yang akan dikirim untuk Presiden Jokowi adalah salah satu helikopter termewah. Ruangan dalam kabin yang cukup luas mampu menampung 13 hingga 20 penumpang sekali terbang.



Rencana bagian interior untuk helikopter kepresidenan (thebillionaireshop.com)

Baca juga: Helikopter TNI AD Pengawal Presiden Jatuh Di Perumahan Warga Sleman

Dan dengan kecepatan maksimal 278 Km/Jam, helikopter ini bisa menembus jarak hingga 1.360 Km dalam kondisi bahan bakar penuh. Selain itu AgustaWestland AW101 ini disebut anti peluru dan dilengkapi air bag jika terjadi benturan/tabrakan.

Alasan AW101 dipilih juga karena dipasangi pelampung sehingga bisa mendarat darurat di atas air serta dilengkapi perahu karet untuk evakuasi. Soal harga, helikopter ini dibanderol US21 Juta atau setara dengan Rp 288 Miliar.

Helikopter ini juga diklaim sebagai yang terbaik dan memiliki harga termahal kedua di dunia setelah helikopter Airbus Super Puma H225.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)