home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal AgustaWestland, Helikopter Terbaik Dunia yang Akan Dikirim Untuk Presiden Jokowi

Senin, 30 November 2015 12:27 by reinasoebisono | 2737 hits
Mengenal AgustaWestland, Helikopter Terbaik Dunia yang Akan Dikirim Untuk Presiden Jokowi
Image source: Wikipedia

DREAMERS.ID - Belakangan keputusan pemerintah untuk membeli helikopter kepresidenan menuai banyak kritik. Selain biaya yang tidak sedikit, banyak pihak menyayangkan keputusan yang tidak memilih produk dalam negeri.

Karya bangsa dari PT. Dirgantara Indonesia yang tidak dipilih, tentu memiliki harga yang relatif lebih murah. Selain itu transportasi tersebut dinilai belum dibutuhkan dari sisi urgensinya, karena ancaman terhadap negara khususnya Presiden Indonesia tidak seperti negara lain.


Image source: agustawestland.com

Namun Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan mengatakan helikopter AgustaWestland adalah transportasi VVIP yang terjamin keamanannya dan pilihan terbaik untuk Presiden.

AgustaWestland AW101 yang akan dikirim untuk Presiden Jokowi adalah salah satu helikopter termewah. Ruangan dalam kabin yang cukup luas mampu menampung 13 hingga 20 penumpang sekali terbang.



Rencana bagian interior untuk helikopter kepresidenan (thebillionaireshop.com)

Baca juga: Helikopter TNI AD Pengawal Presiden Jatuh Di Perumahan Warga Sleman

Dan dengan kecepatan maksimal 278 Km/Jam, helikopter ini bisa menembus jarak hingga 1.360 Km dalam kondisi bahan bakar penuh. Selain itu AgustaWestland AW101 ini disebut anti peluru dan dilengkapi air bag jika terjadi benturan/tabrakan.

Alasan AW101 dipilih juga karena dipasangi pelampung sehingga bisa mendarat darurat di atas air serta dilengkapi perahu karet untuk evakuasi. Soal harga, helikopter ini dibanderol US21 Juta atau setara dengan Rp 288 Miliar.

Helikopter ini juga diklaim sebagai yang terbaik dan memiliki harga termahal kedua di dunia setelah helikopter Airbus Super Puma H225.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)