SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Serba Instan dan Tak Mahir Berbahasa Jadi Kelemahan Anak Muda Saat Ini

Kamis, 05 November 2015 12:00 by zia92 | 1580 hits
Serba Instan dan Tak Mahir Berbahasa Jadi Kelemahan Anak Muda Saat Ini
Image source: stopabuseca

DREAMERS.ID - Semakin berkembangnya zaman, kehidupan dan tantangan yang dihadapi manusia pun mengalami perubahan. Apalagi di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang membuat setiap hal mudah dilakukan.

Namun di antara semua kemudahan itu, seorang pakar komunikasi Erwin Perengkuan menyebutkan bahwa ada dua tantangan dan kelemahan yang dihadapi masyarakat saat ini, khusunya bagi generasi muda.

Melansir laman CNN Indonesia, Erwin menyatakan bahwa kelemahan generasi muda yang pertama adalah kebiasaan menyukai hal yang serba instan. "Tantangan anak muda zaman sekarang, ada sebagian yang inginnya cepat. Mereka menginginkan hasil akhirnya saja," kata Erwin.

Dalam hal ini, Erwin menyontohkan bagaimana anak muda saat ini melihat sosok penulis Raditya Dika. Menurutnya, banyak anak muda yang ingin menjadi sukses seperti Dika, tapi mereka tidak mau mengetahui bagaimana proses mencapai sukses itu. Mereka cenderung hanya mengikuti dan melalui pola perjalanan karier Dika yang bisa mereka lihat saja.

"Tendensinya hanya melihat dari kulit luarnya saja. Tidak mau nyemplung, berdarah-darah, dan jungkir balik," ujar Erwin. "Anak muda yang seperti ini yang harus dituntut mencintai sebuah proses."

Baca juga: Mengenal Generasi X, Y, Z yang Belakangan 'Digaungkan' Presiden Jokowi, Kamu Masuk yang Mana?

Selain itu, Erwin juga menyebutkan bahwa kendala berbahasa menjadi salah satu kelemahan dan tantangan yang dihadapi anak muda masa kini.

Bahasa Indonesia yang sering dicampur-campur dengan bahasa tidak baku menjadi lumrah dan justru dipakai terus-menerus. Contohnya, seperti membedakan kita dan kami. Erwin mengatakan masih banyak orang yang belum bisa membedakan terminologi sederhana itu. 

"Kita dan kami konteksnya sudah kacau. Orang yang sudah dewasa dan berasal dari kalangan eksekutif saja masih kebingungan membedakannya. Penyiar radio juga salah," kata Erwin.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Maraknya peredaran narkotika di Indonesia membuat meningkatnya status darurat narkoba. Penyebaran itu tidak bisa dipungkiri juga berasal dari beberapa negara tetangga dengan oknumnya yang memasarkan barang haram itu masuk Indonesia....
  • HOT !
    Meski hanya wilayah Amerika Serikat yang terkena dampak gerhana matahari total selama beberapa menit, dunia turut menyambutnya dengan suka cita. Terutama dengan foto foto penampakan gerhana itu di pemberitaan dan sosial media....
  • HOT !
    Tidak hanya kepolisian, namun Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK tengah melakukan penelusuran terkait aset yang dimiliki PT First Travel kini. Perusahaan travel itu sedang naik daun lantaran gagal memberangkatkan 35 ribu jemaah beribadah Umrah dengan total dugaan penipuan 550 miliar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsy
Cast : Cast: JiHyun, GD BIGBANG, Jungkook BTS, Jimin BTS, Suga BTS

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)