SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kreatif! Mahasiswi Jember Ciptakan Power Bank Tanpa 'Listrik'

Rabu, 21 Oktober 2015 19:57 by Dits | 2449 hits
Kreatif! Mahasiswi Jember Ciptakan Power Bank Tanpa 'Listrik'
Image source: .yokeepo.co

DREAMERSRADIO.COM - Sekelompok Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Jember, berhasil menciptakan penyimpan daya listrik atau biasa disebut power bank, tanpa “listrik”.

Kelompok itu terdiri dari lima mahasiswi. Mereka adalah Azizah, Rosaria Dwi Sukmadewi, Nurul Mahmuda, Putri Sultan Maredh Jawi, Anggun Ariningsum. Alat yang diberi nama Power Bank By Gas (POB’S) ini sudah dipresentasikan saat Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Kendari.

Menurut Azizah, power bank ini memanfaatkan energi alternatif berupa sisa pembakaran. Alat ini, mampu menghemat energi listrik dengan signifikan, sehingga bila dikembangkan akan menjadi revolusi energi listrik di Indonesia, bahkan dunia.


Power Bank Karya Mahasiswa Jember (image source: dream.co.id)

Azizah menambahkan, alat ini terdiri dari dua komponen utama, yaitu kotak pembakaran sekam padi dan arang –dalam bentuk briket– dan power bank-nya. Gas yang dihasilkan dari box pembakaran selanjutnya dapat disimpan dayanya ke dalam power bank. Jika power bank dalam kondisi kosong, diperlukan waktu 3 sampai 4 jam untuk mengisinya secara penuh.

Baca juga: Begini Klarifikasi Pemilik Mobil Viral yang Terbakar Karena Power Bank

“Namun jika power bank tidak dalam keadaan kosong pengisian dilakukan hanya selama 1-2 jam,” tutur Azizah, sebagaimana dikutip Dream dari laman unej.ac.id, Selasa 20 Oktober 2015.

Alat ini merupakan jawaban atas keprihatinan lima mahasiswa ini terhadap krisis energi listrik. Permintaan energi listrik terus meningkat, sehingga mereka menciptakan alat yang hemat energi.

“Kami rasa hampir semua yang memiliki smartphone juga membutuhkan power bank sebagai cadangan saat baterainya habis, maka dari itu alat ini layak untuk dikembangkan karena selain ramah lingkungan juga hemat energi,” tambah Mahmuda.

Dia menambahkan, alat ini bisa memanfaatkan semua gas panas yang dihasilkan dari sisa pembakaran. “Termasuk uap panas dari mesin penanak nasi jadi menanak nasi sekaligus bisa isi baterai HP, asap kenalpot kendaraan, pembakaran sampah,” ujar Mahmuda.  

Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)