home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Takut Diklaim Singapura, Indonesia Tolak Bantuan Atasi Kabut Asap

Rabu, 07 Oktober 2015 17:57 by fzhchyn | 1667 hits
Takut Diklaim Singapura, Indonesia Tolak Bantuan Atasi Kabut Asap
Image source: yahoo.com

DREAMERSRADIO.COM - Tawaran bantuan untuk mengatasi bencana kabut asap di Indonesia datang dari beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Tapi pemerintah Indonesia menyatakan untuk menolak bantuan yang datang dari negeri Singa tersebut.

Pemerintah Indonesia tak ingin jika nantinya kabut asap berhasil diatasi, Singapura akan mengklaim hal itu terjadi karena kemampuan mereka.

"Sebenarnya pemerintah sama sekali tidak menutup diri terhadap bantuan. Tetapi dari bantuan itu, pemerintah tidak mau kemudian diklaim. Ini kan pemerintah sedang sungguh-sungguh menyelesaikan (bencana kabut asap), termasuk statusnya. Jadi jangan sampai diklaim mereka,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (7/10) mengutip laman CNN.

Sebelumnya, tawaran bantuan dari Singapura untuk menangani kabut asap tersebut datang langsung dari Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen.

Baca juga: Mirisnya Pemandangan Marina Bay Sands Terkena Kabut Asap Dari Indonesia, Apa Kabar F1 Singapura?

"Kementerian Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Singapura sudah menyiagakan pesawat C-130 untuk operasi modifikasi cuaca, satu helikopter Chinook dengan penampungan air untuk pemadaman api dari udara dan dua pesawat C-130 untuk mengangkut tim pemadam kebakaran dari Pasukan Pertahanan Sipil Singapura," tulis MINDEF dalam pernyataan resmi mereka.

Dan saat kabut asap semakin pekat, bahkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di negeri itu mencapai rekor tertinggi sepanjang tahun ini, yaitu 341, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan bahwa Indonesia tak memikirkan keselamatan warga Singapura maupun warga Indonesia sendiri.

Sementara Ketua Badan Anggaran DPR Ahmadi Noor Supit justru meminta pemerintah RI untuk tak gengsi menerima bantuan asing untuk mengatasi kabut asap. Indonesia, menurut Supit, juga mesti terbuka terhadap negara-negara tetangganya yang ikut menderita akibat kabut asap kebakaran hutan RI.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)