SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow! Berat Jantung Mamalia Laut Raksasa Paus Biru Mencapai 180 Kilogram

Selasa, 22 September 2015 16:16 by zia92 | 6633 hits
Wow! Berat Jantung Mamalia Laut Raksasa Paus Biru Mencapai 180 Kilogram
Image source: sciencedump

DREAMERSRADIO.COM - Banyak orang yang percaya kalau jantung dari paus biru yang diketahui sebagai hewan terbesar yang hidup di Bumi, ukurannya bisa sebesar mobil. Bahkan beberapa peneliti juga percaya kalau manusia bisa berenang melalui batang nadi (aorta) pada jantung paus biru, karena saking besarnya.

Namun karena populasi paus biru yang sangat langka, para ilmuwan tidak bisa mempelajari jantung mamalia laut tersebut dengan lebih rinci.

Pada Mei tahun lalu, seekor paus biru mati dijuluki sebagi ‘Lollipop’ terdampar di Newfoundland, Kanada. Dan hal ini memberikan kesempatan pada para ilmuwan untuk mempelajari jantungnya dengan lebih rinci untuk pertama kalinya.


Image source: southerngazette.ca

Melansir laman Korea Times, Royal Ontario Museum (ROM), museum sejarah alam dan budaya dunia terbesar di Kanada adalah pihak yang bertugas untuk melakukan penelitian.

Menurut pihak museum, makhluk yang memiliki ukuran panjang 23,3 meter itu pasti sudah hancur oleh lapisan es yang luar biasa tebal dan tenggelam saat terjebak di bawah es.


Jantung paus biru (Image source: techtimes.com)

Dan untuk jantungnya, mereka mengatakan bahwa beratnya mencapai 180 kilogram, seberat dan seukuran ban traktor besar. Setidaknya perlu empat orang untuk mengangkat jantung paus biru tersebut. Selain itu, para peneliti di museum percaya bahwa setidaknya sebanyak 58 galon darah sudah dipompa dari tubuh paus.

Namun tak seperti bayangan, ternyata besar jantung paus biru tak sebesar mobil tapi mungkin hanya sebesar mobil golf kecil. Dan pada aortanya, mungkin hanya kepala saja yang bisa masuk, tidak semua tubuh manusia bisa meluncur melaluinya.

Mark Engstorm, salah satu peneliti mengatakan bahwa bau paus yang mati itu sangat mengerikan. “Tidak ada bau yang jauh lebih buruk daripada paus mati,” katanya.


Image source: newscrunch.in

Setelah peneliian dilakukan, jantung paus disimpan dalam keadaan beku selama satu tahun. Dan pada bulan Juni lalu jantung paus diformalin. Semata pihak museum menampilkan replika jantung paus yang terbuat dari plastik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)