home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rekaman Pidato Kaisar Saat Jepang Menyerah di Perang Dunia II Dirilis

Jumat, 10 Juli 2015 07:45 by ningcil | 3086 hits
Rekaman Pidato Kaisar Saat Jepang Menyerah di Perang Dunia II Dirilis
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Badan Rumah Tangga Kekaisaran berencana merilis kali pertama rekaman asli pidato bersejarah Kaisar Hirohito saat menyatakan Jepang menyerah dalam Perang Dunia II.

Japan Times memberitakan cakram rekaman asli, serta versi digital remaster pidato itu, akan diperdengarkan kepada publik bertepatan dengan peringatan 70 tahun berakhirnya perang.

Kaisar Hirohito, dikenal pula sebagai Kaisar Showa, menyampaikan pidato pada 14 Agustus 1945 di istana tempat nenek moyangnya bertahta. Pidato itu disiarkan radio hari berikutnya.

Baca juga: Tanpa Disadari, Ternyata 7 Negara Ini Telah Hilang Dari Peta Dunia

Lima rekaman pidato itu tersimpan dalam arsip keluarga kekaisaran. Badan Rumah Tangga Kekaisaran juga mempertimbangkan menampilkan foto dari bunker perlindungan di kediaman Kaisar Hirohito.

Di bunker itu kali pertama pada 14 Agustus terjadi pertemuan antara kaisar dengan pemerintah Jepang, untuk mengakhiri perang. Pada pertemuan itu kaisar mengambil inisiatif mengumumkan kekalahan Jepang, dan pada saat sama sejumlah jenderal tidak dapat menerima.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)