SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rekaman Pidato Kaisar Saat Jepang Menyerah di Perang Dunia II Dirilis

Jumat, 10 Juli 2015 07:45 by ningcil | 2480 hits
Rekaman Pidato Kaisar Saat Jepang Menyerah di Perang Dunia II Dirilis
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Badan Rumah Tangga Kekaisaran berencana merilis kali pertama rekaman asli pidato bersejarah Kaisar Hirohito saat menyatakan Jepang menyerah dalam Perang Dunia II.

Japan Times memberitakan cakram rekaman asli, serta versi digital remaster pidato itu, akan diperdengarkan kepada publik bertepatan dengan peringatan 70 tahun berakhirnya perang.

Kaisar Hirohito, dikenal pula sebagai Kaisar Showa, menyampaikan pidato pada 14 Agustus 1945 di istana tempat nenek moyangnya bertahta. Pidato itu disiarkan radio hari berikutnya.

Baca juga: Bom Perang Dunia II Ditemukan, 16.000 Warga Dievakuasi

Lima rekaman pidato itu tersimpan dalam arsip keluarga kekaisaran. Badan Rumah Tangga Kekaisaran juga mempertimbangkan menampilkan foto dari bunker perlindungan di kediaman Kaisar Hirohito.

Di bunker itu kali pertama pada 14 Agustus terjadi pertemuan antara kaisar dengan pemerintah Jepang, untuk mengakhiri perang. Pada pertemuan itu kaisar mengambil inisiatif mengumumkan kekalahan Jepang, dan pada saat sama sejumlah jenderal tidak dapat menerima.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)