SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rumah Sakit Hasil Sumbangan Masyarakat Indonesia di Palestina Siap Beroperasi

Kamis, 02 Juli 2015 15:00 by zia92 | 2436 hits
Rumah Sakit Hasil Sumbangan Masyarakat Indonesia di Palestina Siap Beroperasi
Image source: mirajnews.c

DREAMERSRADIO.COM - Presiden Joko Widodo akan mengunjungi Palestina untuk mendatangi grand launching rumah sakit baru di Gaza, Palestina. Rumah sakit yang dinamakan Rumah Sakit Indonesia (RSI) ini sepenuhnya didanai oleh masyarakat Indonesia dan digagas oleh Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

Sementara untuk kapan waktu kunjungan Presiden Jokowi masih diatur, soft launching untuk rumah sakit terbesar di Palestina dengan kapasitas 100 pasien ini sudah dilaksanakan pada 15 Juni lalu, menurut Kepala Presidium MER-C Henry Hidayatullah, Kompas.com melaporkan.

MER-C sendiri adalah sebuah organisasi sosial dan kemanusiaan yang menyediakan layanan medis darurat yang sangat mobile untuk korban perang dan konflik serta orang-orang yang terkena bencana alam.

Rumah sakit seluas 16.261 m2 itu terletak di daerah Bayt Lahiya, Gaza Utara dan merupakan tanah wakaf dari pemerintah Palestina. Henry menjelaskan, rumah sakit ini dikhususkan untuk traumatologi dan rehabilitasi, yakni penanganan pada pasien cedera yang banyak ditemui ketika perang terjadi.

Rumah sakit ini juga memiliki desain yang berbeda dari sejumlah bangunan di jalur Gaza, yakni segi 8. Selain itu, peralatan kesehatan yang digunakan juga menggunakan teknologi lebih canggih dibanding rumah sakit yang sudah ada.

Pembangunan fisik rumah sakit dua lantai ini telah dilakukan sejak 2011 dan memakan waktu 3,5 tahun. Kemudian dilanjutkan dengan pengadaan alat kesehatan. Dan dinamakan Rumah Sakit Indonesia karena seluruh dana pembangunan hingga pengadaan alat kesehatan berasal dari dana sumbangan masyarakat Indonesia, yakni mencapai Rp 120 miliar.

Tak hanya dana, mulai dari ide, arsitek, dan pekerja teknis RSI juga merupakan relawan Indonesia di Jalur Gaza. “Kita menggalang dana sekitar 5 tahun. Sumbangan dahsyat pada Ramadhan tahun lalu. Dana itu bisa mencapai Rp 200 juta per hari dalam bentuk recehan. Kepedulian masyarakat Indonesia luar biasa,” ucap Henry.

(fzh)

  • HOT !
     Euforia mudik diprediksi mulai lebih awal karena libur dan cuti bersama dari pemerintah yang juga sudah ditetapkan dari beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah jadi tradisi jika mudik identik dengan kemacetan....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
  • HOT !
    Seorang anak perempuan yang masih duduk di bangku SMP tewas karena diduga nekat bunuh diri dengan lompat dari lantai 33 Apartemen Taman Rasuna, Setiabudi, Jakarta Selatan. Kronologi awal, ternyata siswi berusia 14 tahun berinisial AL itu tidak dapat ditemukan oleh ibunya....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)