home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pesawat Hercules C-130 Merupakan Barteran Pilot CIA yang Ditawan Indonesia

Rabu, 01 Juli 2015 12:10 by ningcil | 2369 hits
Pesawat Hercules C-130 Merupakan Barteran Pilot CIA yang Ditawan Indonesia
Image source: time.com

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah cerita dibalik munculnya pesawat TNI AU tipe C-130 Hercules yang jatuh di Medan, Sumatera Utara pada Selasa (30/06) disampaikan oleh Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu.

Purnawirawan TNI yang sebelumnya mengucapkan kesedihan dan belasungkawa atas kecelakaan nahas jatuhnya pesawat milik TNI AU tersebut di akun Twitternya ini juga menceritakan asal mula sejarah munculnya Hercules tipe C-130 di Indonesia.

Seperti dilansir CNN, semua berawal pada tahun 1958 silam, saat pilot asal CIA ditahan oleh Indonesia karena dianggap membantu pemberontakan Permesta di Sulawesi.

Ryamizard mengatakan bahwa Indonesia dan Amerika menyetujui kesepakatan untuk membebaskan tawanan tersebut dan menukarnya dengan 10 unit pesawat Hercules C-130. Ia juga menambahkan jika Indonesia kembali menerima hibah 3 unit pesawat Hercules C-130 B pada tahun 1975.

Namun sayangnya krisis Timor Timur (yang sekarang Timor Leste) mempengaruhi perawatan terhadap pesawat besar tersebut. Menurutnya krisis tersebut membuat Senat Amerika mengeluarkan larangan penjualan senjata sekaligus pembekuan hubungan militer dengan Indonesia.

Baca juga: Ini Beberapa Rumor Penyebab Jatuhnya Hercules Di Medan

Pembekuan tersebut setidaknya membuat 17 pesawat C-130 milik Indonesia tak layak terbang karena tak memiliki suku cadang. Pertemuan Presiden Abdurrahman Wahid dengan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat William Cohen pada tahun 2000 lalu tak memberikan banyak pengaruh terhadap kelangsungan pesawat.

“Pemerintah AS menyatakan akan mengizinkan ekspor suku cadang ke Indonesia tapi hingga bertahun-tahun suku cadang itu tak pernah dijalankan,” ujar Ryamizard. Akhirnya TNI pun terpaksa membeli suku cadang dari negara lain.

Menurut CNN pada Rabu, 1 Juli 2015 pukul 5 pagi, sebanyak 50 korban meninggal dunia telah disemayamkan di Rumah Sakit Adam Malik, Medan. Hingga kini evakuasi pesawat terus dilakukan.

(ncl)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)