home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tepat Dua Dekade, Peneliti Masih Menguak Misteri Kerangka Timbunan Letusan Gunung Tambora

Rabu, 13 Mei 2015 13:18 by reinasoebisono | 3618 hits
Tepat Dua Dekade, Peneliti Masih Menguak Misteri Kerangka Timbunan Letusan Gunung Tambora
Image source: CNN Indones

DREAMERSRADIO.COM - Lewat sudah dua ratus tahun sejak salah satu letusan gunung terdahsyat terjadi di Gunung Tambora, Kepulauan Sumbawa. Hingga kini masih banyak rumah bahkan manusia yang tertimbunan hasil bumi yang dimuntahkan gunung tersebut.

Menewaskan puluhan ribu orang dan mengubur masyarakat yang tinggal di kaki Gunung Tambora, peneliti berhasil mengungkap sedikit demi sedikit rahasia yang terkubur tersebut. Mengutip CNN, kerangka yang ditemukan memberikan kesan bahwa mereka sedang berusaha lari.

Kerangka pertama ditemukan di sebuah halaman rumah. Si korban ini ditemukan memakai keris yang diselipkan di pinggang. Dia juga memakai gulungan kain sebagai ikat pinggang dan ditemukan kotak tembakau di dalam gulungan itu. 

“Dia juga memakai cincin dengan batu seperti batu akik, tapi warnanya lebih cerah,” kata I Gusti Made Suarbawa, Kepala Balai Arkeologi Denpasar.  “Sudah jelas bahwa itu perhiasan dan keris.” Tak jauh dari posisinya terbaring, ditemukan juga kotak tembakau yang lain serta cincin. 

Pada kerangka kedua, korban terlihat memberikan ekspresi ketakutan serta tangan yang menutup wajah. Ia sedang berusaha menyelamatkan diri namun kakinya terjebak di kubangan lumpur. Kerangka lainnya diyakini adalah tokoh masyarakat karena memakai gesper bertahtakan berlian.

Gunung Tambora diketahui mengalami puncak aktivitas vulkanisnya pada April 1815. Letusan gunung ini diklaim lebih besar 1.000 kali dari letusan Gunung Merapi. Korban diketahui mencapai 92.000 orang dan merubah iklim dunia. Abu vulkaniknya sendiri jatuh hingga ke Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)