SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tepat Dua Dekade, Peneliti Masih Menguak Misteri Kerangka Timbunan Letusan Gunung Tambora

Rabu, 13 Mei 2015 13:18 by reinasoebisono | 3034 hits
Tepat Dua Dekade, Peneliti Masih Menguak Misteri Kerangka Timbunan Letusan Gunung Tambora
Image source: CNN Indones

DREAMERSRADIO.COM - Lewat sudah dua ratus tahun sejak salah satu letusan gunung terdahsyat terjadi di Gunung Tambora, Kepulauan Sumbawa. Hingga kini masih banyak rumah bahkan manusia yang tertimbunan hasil bumi yang dimuntahkan gunung tersebut.

Menewaskan puluhan ribu orang dan mengubur masyarakat yang tinggal di kaki Gunung Tambora, peneliti berhasil mengungkap sedikit demi sedikit rahasia yang terkubur tersebut. Mengutip CNN, kerangka yang ditemukan memberikan kesan bahwa mereka sedang berusaha lari.

Kerangka pertama ditemukan di sebuah halaman rumah. Si korban ini ditemukan memakai keris yang diselipkan di pinggang. Dia juga memakai gulungan kain sebagai ikat pinggang dan ditemukan kotak tembakau di dalam gulungan itu. 

“Dia juga memakai cincin dengan batu seperti batu akik, tapi warnanya lebih cerah,” kata I Gusti Made Suarbawa, Kepala Balai Arkeologi Denpasar.  “Sudah jelas bahwa itu perhiasan dan keris.” Tak jauh dari posisinya terbaring, ditemukan juga kotak tembakau yang lain serta cincin. 

Pada kerangka kedua, korban terlihat memberikan ekspresi ketakutan serta tangan yang menutup wajah. Ia sedang berusaha menyelamatkan diri namun kakinya terjebak di kubangan lumpur. Kerangka lainnya diyakini adalah tokoh masyarakat karena memakai gesper bertahtakan berlian.

Gunung Tambora diketahui mengalami puncak aktivitas vulkanisnya pada April 1815. Letusan gunung ini diklaim lebih besar 1.000 kali dari letusan Gunung Merapi. Korban diketahui mencapai 92.000 orang dan merubah iklim dunia. Abu vulkaniknya sendiri jatuh hingga ke Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)