SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal CC4, Narkoba Baru Berbentuk Perangko

Kamis, 16 April 2015 07:47 by reinasoebisono | 3944 hits
Mengenal CC4, Narkoba Baru Berbentuk Perangko
Image source: CNN Indones

DREAMERSRADIO.COM - Penemuan mengejutkan terjadi di lapas Cipinang, Jakarta Timur. Narkoba jenis baru yang belum banyak diketahui masyarakat, CC4, beredar di tempat yang seharusnya menjadi sarana pembinaan tersebut.

CC4 sebenarnya adalah obat alternatif yang membantu menghentikan kecanduan nikotin. Obat yang bernama asli “Cytisine Dimer1,2-Bisn-Cytisinylethane” ini akan memberikan efek halusinasi dan euforia.

Sayangnya, Balitbangkes Kementrian Kesehatan belum dapat memastikan dampak jelas dari penggunaan obat ini. Hingga sekarang, CC4 diketahui hanya dijual dalam bentuk lembaran dan pemakaian oral atau hanya melalui mulut (dimakan).

CC4 akan melepaskan enzim dopamin dalam tubuh manusia yang memberikan efek senang atau gembira. Namun, tentu saja dalam kadar yang berlebihan.


Bentuk narkoba jenis CC4 (Vivanews)

Baca juga: Polisi Tangkap Pilot Lion Air Saat Pakai Narkoba

Badan Narkotika Nasional (BNN) sendiri belum memasukkan CC4 sebagai kategori Narkotika atau obat terlarang karena masih dalam tahap pengembangan. Namun para peneliti menyimpulkan CC4 memberikan efek yang sama dengan obat-obatan terlarang lainnya.

Menurut Kabareskrim Polri Komjen Pol Budi Waseso, CC4 memberikan efek 3 kali lebih kuat dari ekstasi. Sehingga disimpulkan bahwa narkoba CC4 ini masuk kategori 1 atau dianggap sangat berbahaya.

Terlebih, menurut Kepala Balitbangkes Kemenkes, Prof. Tjandra Yoga, CC4 juga masih dalam tahap penelitian klinik awal untuk penggunaannya sebagai obat penghenti kecanduan nikotin. Mirisnya, obat terlarang ini diedarkan di dalam lapas baik oleh penghuni maupun petugasnya.

(rei/Berbagai Sumber)

Komentar
  • HOT !
    Seorang seleb media sosial semacam Instagram, Yong Ning terpaksa harus mengakhiri aksi aksi berbahayanya. Pria asal China tersebut diketahui tewas mengenaskan setelah melakukan aksi maut saat hendak mengambil gambar dari gedung tinggi....
  • HOT !
    Ritual yang dilakukan kepala negara sebelum mengambil keputusan penting biasanya berupa rapat darurat, konsultasi atau hal lainnya sehubungan konsep strategis yang akan diambil. Namun berbeda dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang dikabarkan justru selalu mendaki gunung....
  • HOT !
    Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan roda empat di Tol Cawang KM 00, Jakarta Timur sekitar pukul 04.20.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara menyampaikan ada 13 korban karena kecelakaan maut tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)