SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal CC4, Narkoba Baru Berbentuk Perangko

Kamis, 16 April 2015 07:47 by reinasoebisono | 4157 hits
Mengenal CC4, Narkoba Baru Berbentuk Perangko
Image source: CNN Indones

DREAMERSRADIO.COM - Penemuan mengejutkan terjadi di lapas Cipinang, Jakarta Timur. Narkoba jenis baru yang belum banyak diketahui masyarakat, CC4, beredar di tempat yang seharusnya menjadi sarana pembinaan tersebut.

CC4 sebenarnya adalah obat alternatif yang membantu menghentikan kecanduan nikotin. Obat yang bernama asli “Cytisine Dimer1,2-Bisn-Cytisinylethane” ini akan memberikan efek halusinasi dan euforia.

Sayangnya, Balitbangkes Kementrian Kesehatan belum dapat memastikan dampak jelas dari penggunaan obat ini. Hingga sekarang, CC4 diketahui hanya dijual dalam bentuk lembaran dan pemakaian oral atau hanya melalui mulut (dimakan).

CC4 akan melepaskan enzim dopamin dalam tubuh manusia yang memberikan efek senang atau gembira. Namun, tentu saja dalam kadar yang berlebihan.


Bentuk narkoba jenis CC4 (Vivanews)

Baca juga: Kedapatan Beli Ganja, Han Joo Wan 'School 2017' Dijatuhi Hukuman 2 Tahun Masa Percobaan

Badan Narkotika Nasional (BNN) sendiri belum memasukkan CC4 sebagai kategori Narkotika atau obat terlarang karena masih dalam tahap pengembangan. Namun para peneliti menyimpulkan CC4 memberikan efek yang sama dengan obat-obatan terlarang lainnya.

Menurut Kabareskrim Polri Komjen Pol Budi Waseso, CC4 memberikan efek 3 kali lebih kuat dari ekstasi. Sehingga disimpulkan bahwa narkoba CC4 ini masuk kategori 1 atau dianggap sangat berbahaya.

Terlebih, menurut Kepala Balitbangkes Kemenkes, Prof. Tjandra Yoga, CC4 juga masih dalam tahap penelitian klinik awal untuk penggunaannya sebagai obat penghenti kecanduan nikotin. Mirisnya, obat terlarang ini diedarkan di dalam lapas baik oleh penghuni maupun petugasnya.

(rei/Berbagai Sumber)

  • HOT !
    Rencana kegiatan Tarawih berjamaah atau Tarawih Akbar di Monumen Nasional diminta untuk ditinjau kembali karena beberapa alasan. Yang sempat santer terdengar adalah dikhawatirkan adanya unsur politis dalam pelaksanaannya....
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Tibalah hari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sudah diantisipasi sejak lama, hari bahagia pasangan ini akan menjadi sorotan di seluruh dunia. Pesta pernikahannya sendiri akan menggabungkan dua nuansa yaitu prosesi Kerajaan Inggris dan glamor ala Hollywood....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)