SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bersiap Menyambut Gerhana Bulan Total Di Langit Jakarta 4 April Mendatang

Rabu, 01 April 2015 08:57 by Dewinn | 3090 hits
Bersiap Menyambut Gerhana Bulan Total Di Langit Jakarta 4 April Mendatang
image source : polimoli.c

DREAMERSRADIO.COM - Fenomena alam langka akan terjadi dan bisa dinikmati di langit jakarta hari jumat (4/4/2015) mendatang. Fenomena tersebut adalah Gerhana Bulan Total (GBT) dimana akan terlihat setelah matahari terbenam dan bulan naik.

Menurut lansiran dari jakarta tourism, Ini merupakan Gerhana Bulan Total yang ketiga dari empat gerhana bulan yang terjadi secara berurutan. Gerhana Bulan Total pertama telah terjadi pada 15 April 2014, sedangkan yang kedua pada 8 Oktober 2014. Gerhana Ketiga ini akan menghiasi langit jakarta sekitar pukul 17.52 WIB.

Narator Planetarium dan Observatorium Jakarta Cecep Nurwendaya mengatakan, fenomena tersebut termasuk langka karena gerhana terjadi secara berurutan, para astronom mengenalnya dengan Gerhana Bulan Tetrad. "Dalam seribu tahun di milenium ketiga, hanya terdapat 32 kali fenomena ini," kata Cecep Nurwendaya.


image source : jakarta-tourism.go.id

Gerhana terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Saat gerhana terjadi, maka Bulan akan tampak berwarna merah pada  5 menit selama fase puncak gerhana, itulah mengapa fenomena ini sering juga disebut “Blood Moon”. Tapi warna yang dihasilkan Bulan tergantung pada kondisi luar angkasa Bumi.

Baca juga: Saksikan Gerhana Bulan, Pria Ini Gemetar Kedinginan

Menurut peta gerhana bulan total dari Planetarium dan Observatorium Jakarta, Gerhana yang akan terjadi 4 April nanti dapat diamati juga di wilayah Asia Timur, Australia, Lautan Pasifik dan sebagian wilayah Amerika.

Sayangnya gerhana bulan yang ke empat pada 8 september mendatang tidak akan terlihat di indonesia. Karena gerhana terjadi di siang hari saat bulan berada dibawah pandangan pengamat. Gerhana keempat hanya bisa terlihat di timur pasifik, Amerika, Eropa dan Asia Barat.

Tidak seperti gerhana matahari, gerhana bulan dapat kita saksikan dengan mata telanjang. Wah, kapan lagi bisa menyaksikan fenomena langka seperti ini. Catat tanggalnya dan siapkan kameramu, dreamers!

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)