SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bersiap Menyambut Gerhana Bulan Total Di Langit Jakarta 4 April Mendatang

Rabu, 01 April 2015 08:57 by Dewinn | 3146 hits
Bersiap Menyambut Gerhana Bulan Total Di Langit Jakarta 4 April Mendatang
image source : polimoli.c

DREAMERSRADIO.COM - Fenomena alam langka akan terjadi dan bisa dinikmati di langit jakarta hari jumat (4/4/2015) mendatang. Fenomena tersebut adalah Gerhana Bulan Total (GBT) dimana akan terlihat setelah matahari terbenam dan bulan naik.

Menurut lansiran dari jakarta tourism, Ini merupakan Gerhana Bulan Total yang ketiga dari empat gerhana bulan yang terjadi secara berurutan. Gerhana Bulan Total pertama telah terjadi pada 15 April 2014, sedangkan yang kedua pada 8 Oktober 2014. Gerhana Ketiga ini akan menghiasi langit jakarta sekitar pukul 17.52 WIB.

Narator Planetarium dan Observatorium Jakarta Cecep Nurwendaya mengatakan, fenomena tersebut termasuk langka karena gerhana terjadi secara berurutan, para astronom mengenalnya dengan Gerhana Bulan Tetrad. "Dalam seribu tahun di milenium ketiga, hanya terdapat 32 kali fenomena ini," kata Cecep Nurwendaya.


image source : jakarta-tourism.go.id

Gerhana terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Saat gerhana terjadi, maka Bulan akan tampak berwarna merah pada  5 menit selama fase puncak gerhana, itulah mengapa fenomena ini sering juga disebut “Blood Moon”. Tapi warna yang dihasilkan Bulan tergantung pada kondisi luar angkasa Bumi.

Baca juga: Gerhana Bulan Total Akan Terjadi Lagi Juli 2018

Menurut peta gerhana bulan total dari Planetarium dan Observatorium Jakarta, Gerhana yang akan terjadi 4 April nanti dapat diamati juga di wilayah Asia Timur, Australia, Lautan Pasifik dan sebagian wilayah Amerika.

Sayangnya gerhana bulan yang ke empat pada 8 september mendatang tidak akan terlihat di indonesia. Karena gerhana terjadi di siang hari saat bulan berada dibawah pandangan pengamat. Gerhana keempat hanya bisa terlihat di timur pasifik, Amerika, Eropa dan Asia Barat.

Tidak seperti gerhana matahari, gerhana bulan dapat kita saksikan dengan mata telanjang. Wah, kapan lagi bisa menyaksikan fenomena langka seperti ini. Catat tanggalnya dan siapkan kameramu, dreamers!

  • HOT !
    Rencana kegiatan Tarawih berjamaah atau Tarawih Akbar di Monumen Nasional diminta untuk ditinjau kembali karena beberapa alasan. Yang sempat santer terdengar adalah dikhawatirkan adanya unsur politis dalam pelaksanaannya....
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Tibalah hari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sudah diantisipasi sejak lama, hari bahagia pasangan ini akan menjadi sorotan di seluruh dunia. Pesta pernikahannya sendiri akan menggabungkan dua nuansa yaitu prosesi Kerajaan Inggris dan glamor ala Hollywood....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)