home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bersiap Menyambut Gerhana Bulan Total Di Langit Jakarta 4 April Mendatang

Rabu, 01 April 2015 08:57 by Dewinn | 3475 hits
Bersiap Menyambut Gerhana Bulan Total Di Langit Jakarta 4 April Mendatang
image source : polimoli.c

DREAMERSRADIO.COM - Fenomena alam langka akan terjadi dan bisa dinikmati di langit jakarta hari jumat (4/4/2015) mendatang. Fenomena tersebut adalah Gerhana Bulan Total (GBT) dimana akan terlihat setelah matahari terbenam dan bulan naik.

Menurut lansiran dari jakarta tourism, Ini merupakan Gerhana Bulan Total yang ketiga dari empat gerhana bulan yang terjadi secara berurutan. Gerhana Bulan Total pertama telah terjadi pada 15 April 2014, sedangkan yang kedua pada 8 Oktober 2014. Gerhana Ketiga ini akan menghiasi langit jakarta sekitar pukul 17.52 WIB.

Narator Planetarium dan Observatorium Jakarta Cecep Nurwendaya mengatakan, fenomena tersebut termasuk langka karena gerhana terjadi secara berurutan, para astronom mengenalnya dengan Gerhana Bulan Tetrad. "Dalam seribu tahun di milenium ketiga, hanya terdapat 32 kali fenomena ini," kata Cecep Nurwendaya.


image source : jakarta-tourism.go.id

Gerhana terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Saat gerhana terjadi, maka Bulan akan tampak berwarna merah pada  5 menit selama fase puncak gerhana, itulah mengapa fenomena ini sering juga disebut “Blood Moon”. Tapi warna yang dihasilkan Bulan tergantung pada kondisi luar angkasa Bumi.

Baca juga: Tak Hanya Fenomena Langka 'Superblood Moon', Akan Ada Planet 'Mengintip' 28 Juli Dini Hari Nanti!

Menurut peta gerhana bulan total dari Planetarium dan Observatorium Jakarta, Gerhana yang akan terjadi 4 April nanti dapat diamati juga di wilayah Asia Timur, Australia, Lautan Pasifik dan sebagian wilayah Amerika.

Sayangnya gerhana bulan yang ke empat pada 8 september mendatang tidak akan terlihat di indonesia. Karena gerhana terjadi di siang hari saat bulan berada dibawah pandangan pengamat. Gerhana keempat hanya bisa terlihat di timur pasifik, Amerika, Eropa dan Asia Barat.

Tidak seperti gerhana matahari, gerhana bulan dapat kita saksikan dengan mata telanjang. Wah, kapan lagi bisa menyaksikan fenomena langka seperti ini. Catat tanggalnya dan siapkan kameramu, dreamers!

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)