SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Kenapa Jakarta Masih Kena Banjir Menurut Gubernuk Ahok

Rabu, 11 Februari 2015 15:16 by ningcil | 1362 hits
Ini Alasan Kenapa Jakarta Masih Kena Banjir Menurut Gubernuk Ahok
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut beberapa pompa penyedot air yang belum berfungsi menjadi penyebab terjadinya banjir di Jakarta.

Menurutnya, belum maksimalnya fungsi pompa seperti di Waduk Pluit disebabkan karena listrik masih padam. "Kalau kondisi sekarang gardu dihidupkan orang bisa mati kesentrum, sudah tiga yang mati. Jadi kita akan minta beresin," ujar Ahok di Balaikota Jakarta, Rabu (10/2/2015).

Dia menjelaskan, kondisi waduk Pulit sendiri saat ini sudah mulai bekerja dengan fungsi menyedot air-air lewat pompa yang ada disana. Namun proses penyedotan ini belum maksimal, karena listrik yang tidak stabil.

Ahok mengaku sudah berkordinasi dengan pemerintah pusat lewat beberapa kementerian serta PLN untuk kondisi saat ini. Salah satu menjelaskan soal kondisi Jakarta yang tergenang sehingg butuh pompa yang aktif untuk menyedot air tersebut.

"Ini berapa pompa yang hidup, satukan, di pasar ikan kan. Nah siapa bilag pasar ikan hidup 24 jam. Ini saya foto tadi pagi. Makanya saya bilang, saya bukan bela Pluit," katanya.

Baca juga: Anies - Sandiaga Tak Kompak Soal Istilah Penanggulangan Banjir Jakarta

Ahok mengatakan, kondisi dibeberapa wilayah Jakarta memang lebih rendah dari laut. Hal itu yang menyebabkan wilayah tersebut rawan digenangi air walaupun hujan dengan intensitas ringan.

Dia mencontohkan seperti kawasan Jakarta Barat, Timur dan Utara adalah wilayah yang lebih rendah dari wilayah Jakarta lainnya.

Karena rendahnya wilayah tersebut maka Pemprov sudah membuat waduk-waduk dan pompa-pompa besar untuk menyedot air di wilayah itu.

"Yang sudah ada yang sudah dikerjain dari tahun 73 adalah waduk pluit. Ini kita lakukan normalisasi kita harus pindahin ribuan orang, mau pindain 5 ribu orang lagi neh," katanya. [mes]

Source:
  • HOT !
    Gunung Merapi mengalami tiga kali letusan freatik pada Senin (21/5) di mana statusnya yang di awal normal naik menjadi waspada pada pukul 23.00. Hal ini dilakukan karena adanya peningkatan aktivitas freatik yang diikuti dengan gempa VT dan gempa tremor....
  • HOT !
    Terjadi berbagai penolakan atas jenazah para pelaku bom bunuh diri Jawa Timur. Jika sebelumnya untuk kasus bom tiga gereja pelakunya tak diakui keluarga padahalwarga bersedia, hal serupa juga terjadi pada pelau bom Rusun Wonocolo....
  • HOT !
    Dari 600 tamu undangan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, ternyata Presiden Donald Trump tidak termasuk dalam daftar undangan tersebut. Namun sepertinya hal ini tidak dijadikan masalah oleh Presiden Amerika Serikat tersebut, karena ternyata ia memberikan hadiah pernikahan kepada pasangan tersebut....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Park Ra Chel (OC), Cho Kyuhyun SJ, Puteri Ri (OC), Jung Yonghwa CNBlue, Yoochun JYJ, Hoya Infinite

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)