home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Kenapa Jakarta Masih Kena Banjir Menurut Gubernuk Ahok

Rabu, 11 Februari 2015 15:16 by ningcil | 1440 hits
Ini Alasan Kenapa Jakarta Masih Kena Banjir Menurut Gubernuk Ahok
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut beberapa pompa penyedot air yang belum berfungsi menjadi penyebab terjadinya banjir di Jakarta.

Menurutnya, belum maksimalnya fungsi pompa seperti di Waduk Pluit disebabkan karena listrik masih padam. "Kalau kondisi sekarang gardu dihidupkan orang bisa mati kesentrum, sudah tiga yang mati. Jadi kita akan minta beresin," ujar Ahok di Balaikota Jakarta, Rabu (10/2/2015).

Dia menjelaskan, kondisi waduk Pulit sendiri saat ini sudah mulai bekerja dengan fungsi menyedot air-air lewat pompa yang ada disana. Namun proses penyedotan ini belum maksimal, karena listrik yang tidak stabil.

Ahok mengaku sudah berkordinasi dengan pemerintah pusat lewat beberapa kementerian serta PLN untuk kondisi saat ini. Salah satu menjelaskan soal kondisi Jakarta yang tergenang sehingg butuh pompa yang aktif untuk menyedot air tersebut.

"Ini berapa pompa yang hidup, satukan, di pasar ikan kan. Nah siapa bilag pasar ikan hidup 24 jam. Ini saya foto tadi pagi. Makanya saya bilang, saya bukan bela Pluit," katanya.

Baca juga: Survei 3 Periode Tunjukkan Ahok Lebih Berhasil Atasi Banjir, Seperti Apa Sih Program-programnya?

Ahok mengatakan, kondisi dibeberapa wilayah Jakarta memang lebih rendah dari laut. Hal itu yang menyebabkan wilayah tersebut rawan digenangi air walaupun hujan dengan intensitas ringan.

Dia mencontohkan seperti kawasan Jakarta Barat, Timur dan Utara adalah wilayah yang lebih rendah dari wilayah Jakarta lainnya.

Karena rendahnya wilayah tersebut maka Pemprov sudah membuat waduk-waduk dan pompa-pompa besar untuk menyedot air di wilayah itu.

"Yang sudah ada yang sudah dikerjain dari tahun 73 adalah waduk pluit. Ini kita lakukan normalisasi kita harus pindahin ribuan orang, mau pindain 5 ribu orang lagi neh," katanya. [mes]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)