home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Misteri Dibalik Mantra 'Abracadabra'

Kamis, 05 Desember 2013 11:24 by miko | 10174 hits
Inilah Misteri Dibalik Mantra 'Abracadabra'
es.harrypotter.wikia.com

DREAMERSRADIO.COM - 'Abracadabra' merupakan mantra umum yang sering diucapkan oleh para pesulap setiap mereka melakukan aksi. Tapi tahukah kamu asal mula dan misteri dari mantra yang hingga saat ini sangat populer untuk memperlihatkan sebuah keanehan.

Dilansir dari vivaforum, sejumlah teori pun menceritakan asal mantra tersebut, sebagian meyakini mantra itu berasal dari para penyembah berhala atau memanggil setan sehingga harus dihindari pengucapannya. Meski demikian, hal tersebut susah dibuktikan karena tak ada bukti otentik.

Sementara itu, pendapat lain meyakini Abracadabra berasal dari kata Ibrani yang memiliki arti  ayah , anak , dan roh kudus  (ab , ben , dan ruach hakodesh). Tapi banyak pula yang meyakini kata tersebut tidak berhubungan dengan agama kristen. Karenanya ada pula yang mengaitkan dengan bahasa Aram Avra Kadavra.

Namun bagi penggemar kisah Harry Potter, kata yang hampir mirip dan sering digunakan pada serial tersebut adalah mantar kutukan Avada Kedavra. Sedangkan menurut penulis, JK Rowling mantra itu memiliki arti Biarkan Sesuatu Dihancurkan.

Baca juga: Susul Teori Dumbledore, JK. Rowling Kini Ungkapkan Fakta Menyedihkan Tentang Hagrid

Sesuai arti menghancurkan yang disebut Rowling, tampaknya kata tersebut ada kaitannya dengan makna asli, menghancurkan penyakit. Catatan tertua penggunaan Abracadabra ditemukan catatan milik Serenus Sammonicus, orang bijak di masa Roma kuno.

Ada sebuah penyakit yang disebut hemitriateos dan sangat mematikan. Cara menyembuhkannya hanya dengan cara menulis pada perkamen kata Abracadabra. Caranya menulis baris demi baris. Pada setiap baris berikutnya hilangkan huruf terakhirnya hingga tinggal tersisa huruf 'A'. Lalu gantungkan pada leher. Banyak orang bilang kalau ditambah lemak singa bakal lebih efektif.

Dari catatan Sammonicus ini berarti mantra Abracadabra telah digunakan jauh sejak imperium Yunani. Sehingga muncullah teori lain menyebut kata ini berasal dari abraxa yakni numerologi Yunani sebagai penambah hari agar dalam setahun lengkap menjadi 365 hari. Kata abraxas menjadi penyempurna, dan mungkin akhirnya digunakan sebagai bagian dari mantra penyembuh penyakit.

Lalu di tahun 1722, Daniel Defoe menulis Journal of Plague Year bahwa hingga abad 18 masih banyak orang percaya pada kekuatan jimat Abracadabra. Namun, entah bagaimana kata misterius itu hilang dengan sendirinya memasuki abad 19 dan mantra misterius tersebut malah kemudian populer di kalangan pesulap.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)