SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Desain Jembatan Leonardo Da Vinci Terealisasi 500 Tahun Kemudian

Kamis, 07 November 2013 19:33 by miko | 3667 hits
Wah, Desain Jembatan Leonardo Da Vinci Terealisasi 500 Tahun Kemudian
english.cntv.cn

DREAMERSRADIO.COM - Siapa sangka seorang Leonardo Da Vinci yang terkenal dengan lukisan-lukisan yang indah merupakan seorang arsitektur. Bahkan  salah satu karya desainya Jembatan Golden Horn di Norwegia ternyata sudah didesain sejak 500 tahun lalu, tetapi baru dibangun pada tahun 2001 silam.

Dilansir dari Metro, Da Vinci merancang Golden Horn pada tahun 1501 dalam bentuk sketsa sederhana di buku catatannya yang sebenarnya ditujukan untuk Istanbul, Turki. Seharusnya jembatan sepanjang 240 meter tersebut dibangun di atas selat Bosphorus untuk membagi kota Konstatinopel.

Bahkan desain jembatan tersebut menjadi desain pertama untuk sebuah jembatan tunggal. Sedangkan pembangunan jembatan tunggal panjang sendiri baru pertama kali dibangun setelah 300 tahun desain Da Vinci di buat.

Tak hanya itu, dalam proses pembangunannya pun masih menyulitkan pekerja karena minimnya teknologi masa itu. Sementara itu, sketsa Golden Horn Bridge ini tak terlihar karena digambar pada tepian buku, hingga ditemukan pada 1996 oleh Vebjorn Sand.

Baca juga: Peran Penting Kopi dalam Setiap Desain Produk Apple yang Elegan nan Mewah

Seniman tersebut kemudian mengajukan desain itu pada departemen jalan raya di Oslo, Norwegia, untuk mewujudkannya. Akhirnya pada 2001 arsitek Selberg benar-benar membangunnya di jalan tol E-18 yang menghubungkan Oslo dan Stockholm.

Jembatan yang dikhususkan untuk pejalan kaki tersebut dibuat persis dengan sketsa Leonardo da Vinci, tetapi hanya beda material. Sedangkan bahan baru yang berat diganti menjadi glulam atau struktur kayu yang disatukan dengan perangkat tahan lama untuk membentuk lengkungan jembatan.

Tiga glulam yang dibentangkan itulah yang dijadikan tempat untuk berjalan kaki. Golden Horn Bridge ini kini berdiri indah dengan panjang 108 meter, lebar 40 meter dan tinggi 10 meter. Menurut website Leonardo Bridge Project, pemerintah Turki memutuskan akan membangun jembatan Golden Horn yang lebih besar dengan desain sesuai asli.

Komentar
  • HOT !
    Negara Arab Saudi di bawah pemerintahan Raja Salman, memberikan banyak perubahan baru untuk dunia Muslim modern, terutama untuk rakyatnya. Kini, ada gebrakan baru dari pemerintahannya yang belakangan lebih banyak di bawah kendali sang Putra Mahkota, Pangeran Mohammed bin Salman....
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Banyak yang mempertanyakan keputusan Presiden Jokowi dengan mengganti Panglima TNI yang dijabat oleh Gatot Nurmantyo, kini berganti menjadi Jenderal Hadi Tjahjanto. Karena pergantian dilakukan sebelum masa pensiun Gatot tiba....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)