home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Desain Jembatan Leonardo Da Vinci Terealisasi 500 Tahun Kemudian

Kamis, 07 November 2013 19:33 by miko | 4276 hits
Wah, Desain Jembatan Leonardo Da Vinci Terealisasi 500 Tahun Kemudian
english.cntv.cn

DREAMERSRADIO.COM - Siapa sangka seorang Leonardo Da Vinci yang terkenal dengan lukisan-lukisan yang indah merupakan seorang arsitektur. Bahkan  salah satu karya desainya Jembatan Golden Horn di Norwegia ternyata sudah didesain sejak 500 tahun lalu, tetapi baru dibangun pada tahun 2001 silam.

Dilansir dari Metro, Da Vinci merancang Golden Horn pada tahun 1501 dalam bentuk sketsa sederhana di buku catatannya yang sebenarnya ditujukan untuk Istanbul, Turki. Seharusnya jembatan sepanjang 240 meter tersebut dibangun di atas selat Bosphorus untuk membagi kota Konstatinopel.

Bahkan desain jembatan tersebut menjadi desain pertama untuk sebuah jembatan tunggal. Sedangkan pembangunan jembatan tunggal panjang sendiri baru pertama kali dibangun setelah 300 tahun desain Da Vinci di buat.

Tak hanya itu, dalam proses pembangunannya pun masih menyulitkan pekerja karena minimnya teknologi masa itu. Sementara itu, sketsa Golden Horn Bridge ini tak terlihar karena digambar pada tepian buku, hingga ditemukan pada 1996 oleh Vebjorn Sand.

Baca juga: Peran Penting Kopi dalam Setiap Desain Produk Apple yang Elegan nan Mewah

Seniman tersebut kemudian mengajukan desain itu pada departemen jalan raya di Oslo, Norwegia, untuk mewujudkannya. Akhirnya pada 2001 arsitek Selberg benar-benar membangunnya di jalan tol E-18 yang menghubungkan Oslo dan Stockholm.

Jembatan yang dikhususkan untuk pejalan kaki tersebut dibuat persis dengan sketsa Leonardo da Vinci, tetapi hanya beda material. Sedangkan bahan baru yang berat diganti menjadi glulam atau struktur kayu yang disatukan dengan perangkat tahan lama untuk membentuk lengkungan jembatan.

Tiga glulam yang dibentangkan itulah yang dijadikan tempat untuk berjalan kaki. Golden Horn Bridge ini kini berdiri indah dengan panjang 108 meter, lebar 40 meter dan tinggi 10 meter. Menurut website Leonardo Bridge Project, pemerintah Turki memutuskan akan membangun jembatan Golden Horn yang lebih besar dengan desain sesuai asli.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)