SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Warga AS Pamerkan Pencak Silat di Houston

Sabtu, 08 Juni 2013 01:00 by miko | 3201 hits
Wow, Warga AS Pamerkan Pencak Silat di Houston
bandung.eu

DREAMERSRADIO.COM - Budaya Indonesia sepertinya mulai melangkah ke dunia internasional. Kali ini seni beladiri  asli Indonesia, pencak silat mulai diminati oleh banyak negara. Baru-baru ini belasan warga Amerika Serikat yang telah mempelajari ilmu silat selam 10 tahun telah memamerkan kemahirannya di Houston.

Kemampuan yang dimilikinya ini rencananya akan dipertunjukan untuk memainkan jurus-jurus silat dalam event Bazar Tahunan Indonesia yang diselenggarakan KJRI Houston, Amerika Serikat pada 15 Juni mendatang.

Mereka adalah murid Perguruan Pencak Silat Dallas pimpinan Guru Ken Doc Dority. Silat yang akan ditampilkan yakni Silat Harimau Minangkabau dan Mande Muda. Bazar itu sendiri biasanya dihadiri sekitar 2.500 orang.

“Ternyata para sahabat pencinta silat Indonesia itu berlatih di garasi mobil rumah Doc yang sangat sederhana. Ruangan itu memang bisa menampung 15 orang, meski terasa agak sempit,” ungkap Konsul Jenderal RI di Houston, Al Busyra Basnur.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pencak Silat Tumbuhkan Semangat Berkompetisi Bagi Anak Muda

Pekan lalu, Konjen Al Busyra sempat mengunjungi tempat latihan perguruan pencak silat tersebut di rumah Doc. Menurutnya, mereka telah berlatih silat rata-rata selama 10 tahun. Mereka rutin berlatih dua kali sebulan. Kadang kala setiap minggu.

“Kita salut terhadap mereka yang dengan semangat tinggi belajar silat Indonesia. Mereka harus kita dukung. Di kalangan masyarakat, mereka adalah pelaku penting diplomasi Indonesia di AS. Orang AS saja sangat cinta silat, kita tentu harus lebih dari mereka,” terangnya.

Sebelumnya, Al Busyra juga mengatakan Pencak Silat Dallas juga pernah tampil dalam acara Indonesian Evening yang diselenggarakan KJRI Houston bekerjasama dengan Kerukunan Masyarakat Indonesia (KMI) Dallas-Forth Worth dan University of Texas pada 13 April 2013 lalu.

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)