SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Indonesia Kembangkan Energi Hybrid

Selasa, 14 Mei 2013 17:20 by miko | 1908 hits
Wow, Indonesia Kembangkan Energi Hybrid
salwa-radio.blogspot.com

Ketergantungan pada energi minyak, perlahan-lahan mulai ditinggalkan pemerintah Indonesia. Bahkan saat ini Indonesia bersiap mengurangi karbondioksida (CO2) dengan mengembangkan energi terbaru melalui proyek Wind Hybrid Power Generation (WhyPGen), atau pembangkit listrik tenaga angin.

Proyek yang didanai Global Environment Facility (GEF) ini bertujuan mendorong komersialisasi pembangkit listrik hybrid berbasis energi angin.

“Indonesia saat ini sudah beralih dari pengekspor bahan bakar minyak (BBM) menjadi pengimpor BBM," kata Kepala BPPT Marzan A Iskandar di sela acara penandatanganan MoU WHyPGen dengan beberapa mitra, di Kantor Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT).

“Oleh karena itu, perlu dikembangkan sumber tenaga barukan yang tentunya juga ramah lingkungan, salah satunya adalah energi angin,” terangnya.

Baca juga: Lebih dari 1 Juta Pengguna Facebook di Indonesia Jadi Korban Pencurian Data

Tak hanya itu, ia juga menambahkan target  proyek dari 2012 hingga 2015 ini mampu menghasilkan energi sebesar 18,115 gigawatt per jam. Selain itu, mampu mengurangi gas buang Co2 sebesar 16.050 metrik ton.

“Berdasarkan hitungan BPPT, potensi angin di Indonesia mencapai 9,3 GWh, namun pemanfaatannya belum maksimal dan kebijakan pemerintah belum ada yang mendukung penggunaan energi angin,” tutur Marzan.

Saat ini, proyek WHyPGen sedang memperbaharui pembuatan peta lokasi potensi angin di Indonesia. Data yang ada saat ini masih belum secara detail mengukur potensi angin di setiap wilayah. Proyek WHyPGen juga membuat kajian-kajian mulai dari potensi angin, teknologi yang digunakan, tarif penjualan energi angin.

Potensi energi angin yang sudah dipetakan oleh WHyPGen ada delapan titik, di daerah Nusa Tenggara Timur, Banten, Yogyakarta, Jawa Barat dan Bali. Di NTT, potensi energi yang dihasilkan sebesar 50 MW, di Banten 100 MW, dan di Jawa Barat 100 MW.

  • HOT !
    Foto resmi Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi saat baru menjabat sebagai presiden pada 2014 kembali mencuri perhatian dan mendadak viral. Netizen internasional ramai menyebut bahwa Jokowi mirip dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama....
  • HOT !
    Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta makin siap meramaikan industri penerbangan dengan menampung lebih banyak lagi maskapai yang akan berangkat dan mendarat di sana. Dan tercatat akan ada 8 maskapai yang pindah pada bulan Mei 2018 ini....
  • HOT !
    Rekayasa lalu lintas dengan uji coba penutupan jalan akan kembali dilakukan di Ibu Kota Jakarta. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan akan menata Jalan Mampang Prapatan dengan menutup tiga persimpangan mulai Jumat 18 Mei 2018, besok....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)