home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bisa Bicara Dua Bahasa Ternyata Dapat Membantu Kesehatan Otak

Kamis, 29 Oktober 2020 07:00 by SartikaF | 676 hits
Bisa Bicara Dua Bahasa Ternyata Dapat Membantu Kesehatan Otak
Image source: Cnn Indonesia

DREAMERS.ID - Bilingual merupakan kemampuan seseorang yang bisa bicara dua bahasa yang berbeda. Buktinya, kemampuan bilingual tidak hanya berguna untuk kebutuhan berkomunikasi dan memperluas jejaring, tetapi juga untuk kesehatan otak.

Melansir CNN Indonesia, Ellen Bialystok dari York University di Toronto telah menemukan bahwa orang yang memiliki kemampuan dua bahasa lebih tahan terhadap serangan alzheimer, kurang lebih empat sampai lima tahun lebih lambat jika dibandingkan dengan orang yang memiliki kemampuan satu bahasa.

"Semakin banyak Anda menguasai dan menggunakan bahasa lain akan semakin baik untuk banyak perubahan dalam otak Anda," demikian keterangannya, sebagaimana dikutip dari CNN.

Ellen Bialystok kemudian menjelaskan bahwa bilingualisme menjadi salah satu rangsangan mental ke otak. Seiring bertambahnya usia, hal itu memberikan perlindungan bagi otak yang menua. Ia juga percaya bahwa pengalaman menggunakan dua bahasa juga secara efektif mengatur ulang kerja otak.

"Semakin lama Anda bilingual, semakin banyak perubahannya. Semakin awal Anda mulai menjadi bilingual, semakin banyak perubahannya. Semakin intens pengalaman bilingual Anda setiap hari, semakin banyak perubahan," paparnya.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Untuk memberikan kontrtibusi yang baik, para karyawan atau pekerja harus memiliki keterampilan yang baik. Dalam hal ini, Swiss dinobatkan sebagai negara paling baik untuk melahirkan dan membina pekerja yang terampil....
  • HOT !
    Erupsi Gunung Merapi kembali terjadi lagi. Berdasarkan data pemantauan, disimpulkan bahwa aktivitas vulkanik saat ini dapat berlanjut ke aktivitas yang membahayakan penduduk....
  • HOT !
    Saluran televisi kabel MBN memperkenalkan pernyiar AI (Artificial Intelligence) pertama di Korea. MBN mengungkapkan bahwa pembawa acara berita AI ini dibuat mirip dengan penyiar Kim Ju ha, dan mulai menyiarkan berita pada 6 November 2020 di MBN News....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)