home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jokowi di Arab, Deretan Tokoh Penting Indonesia Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

Jumat, 23 Oktober 2020 16:30 by RandyW | 289 hits
Jokowi di Arab, Deretan Tokoh Penting Indonesia Jadi Nama Jalan di Luar Negeri
Image Source: Kabar24 - Bisnis.com

DREAMERS.ID - Bukan hal baru menggunakan nama pahlawan atau tokoh penting sebagai nama jalan. Rasanya lebih membanggakan saat nama tokoh penting Indonesia dijadikan nama jalan di luar negeri. Baru-baru ini, nama Presiden RI Jokowi resmi digunakan sebagai nama jalan di Ibu Kota Uni Emirat Arab, Abudabi.

Berdasarkan laman Facebook KBRI Abudabi, peresmian nama Jalan Joko Widodo atau Joko Widodo Street dilakukan oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office, Syekh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan pada Senin (19/10) pukul 16.45 waktu setempat.

Bukan yang pertama kali, melansir Kumparan, berikut tokoh penting Indonesia yang namanya dijadikan jalan di luar negeri.

1. Presiden Soekarno


Image Source: Nawacita.co

Nama Presiden RI pertama ini digunakan sebagai nama jalan di Maroko, yang diresmikan pada tanggal 2 Mei 1960. Penggunaan nama Presiden Soekarno sebagai nama jalan dikarenakan Soekarno merupakan penggagas gerakan Non Blok.

Serta salah satu penggagas Konferensi Asia Afrika yang mendorong bangsa-bangsa di Asia Afrika untuk merdeka. Selain di Maroko, nama Presiden Soekarno juga digunakan di Mesir dan Pakistan.

2. Mohammad Hatta


Image Source: Nusantaratv.com

Nama Mohammad Hatta diresmikan sebagai nama di kota Harleem, Belanda dengan nama Mohammed Hattastraat pada tahun 1987. Hatta tercatat pernah berkuliah dan aktif di perkumpulan pelajar Tanah Air di sana, yang diberi nama Indische Vereeniging.

Baca juga: Catatan Penting Setahun Masa Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

3. RA kartini


Image Source: LINE Today

Raden Ajeng Kartini yang dikenal sebagai pahlawan emansipasi wanita juga digunakan sebagai nama jalan di Belanda dengan nama R A Kartinistraat, yang terletak di kawasan Amsterdam Zuidoost dikenal dengan sebutan Bijlmer.

Selain digunakan di kawasan Amsterdam, nama RA Kartini juga digunakan di kawasan Harleem, Utrecht dan Kota Venlo.

4. Sutan Syahrir


Image Source: Ublik.id

Perdana menteri pertama Indonesia, Sutan Syahrir dijadikan nama jalan di tiga tempat berbeda di Belanda, yakni Sjahrirsingel di Kota Gouda, Sjahrirstraat di Kota Leiden, dan Sutan Sjahrirstraat di kota Haarlem.

5. Munir


Image Source: detikNews

Munir merupakan salah satu tokoh HAM yang mengusut kasus penghilangan orang yang diduga dilakukan Tim Mawar. Nama Munir diabadikan sebagai salah satu ruas jalan sepeda di pemukiman Kota Den Haag, Belanda.

Jalan dengan nama Munirpad itu diresmikan pada 15 April 2015, oleh wali kota Den Haag, Joziaas van Aartsen.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Zhang Yiming adalah pendiri dari ByteDance dan menjadi salah satu orang terkaya di China saat ini. Total kekayaan Zhang ditaksir mencapai US$ 16,2 miliar atau setara Rp 228 triliun....
  • HOT !
    Melalui salah satu surat kabar pada hari Rabu (18/11/2020) lalu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron disebut telah mengeluarkan ultimatum kepada Dewan Ibadah Muslim Prancis (CFCM/Conseil Francais du Culture Musulman), selama 15 hari terhitung dari surat kabar itu diterbitkan....
  • HOT !
    Mimpi biasa disebut sebagai bunga tidur yang bisa menambah nyenyak atau memperburuk kualitas tidur kita. Tak jarang, banyak mitos yang kerap menafsirkan mimpi dengan sebuah kejadian baik maupun buruk....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)