home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jokowi di Arab, Deretan Tokoh Penting Indonesia Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

Jumat, 23 Oktober 2020 16:30 by RandyW | 446 hits
Jokowi di Arab, Deretan Tokoh Penting Indonesia Jadi Nama Jalan di Luar Negeri
Image Source: Kabar24 - Bisnis.com

DREAMERS.ID - Bukan hal baru menggunakan nama pahlawan atau tokoh penting sebagai nama jalan. Rasanya lebih membanggakan saat nama tokoh penting Indonesia dijadikan nama jalan di luar negeri. Baru-baru ini, nama Presiden RI Jokowi resmi digunakan sebagai nama jalan di Ibu Kota Uni Emirat Arab, Abudabi.

Berdasarkan laman Facebook KBRI Abudabi, peresmian nama Jalan Joko Widodo atau Joko Widodo Street dilakukan oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office, Syekh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan pada Senin (19/10) pukul 16.45 waktu setempat.

Bukan yang pertama kali, melansir Kumparan, berikut tokoh penting Indonesia yang namanya dijadikan jalan di luar negeri.

1. Presiden Soekarno


Image Source: Nawacita.co

Nama Presiden RI pertama ini digunakan sebagai nama jalan di Maroko, yang diresmikan pada tanggal 2 Mei 1960. Penggunaan nama Presiden Soekarno sebagai nama jalan dikarenakan Soekarno merupakan penggagas gerakan Non Blok.

Serta salah satu penggagas Konferensi Asia Afrika yang mendorong bangsa-bangsa di Asia Afrika untuk merdeka. Selain di Maroko, nama Presiden Soekarno juga digunakan di Mesir dan Pakistan.

2. Mohammad Hatta


Image Source: Nusantaratv.com

Nama Mohammad Hatta diresmikan sebagai nama di kota Harleem, Belanda dengan nama Mohammed Hattastraat pada tahun 1987. Hatta tercatat pernah berkuliah dan aktif di perkumpulan pelajar Tanah Air di sana, yang diberi nama Indische Vereeniging.

Baca juga: Agak Di Luar Nurul, Jokowi Ungkap Kaesang Telah Minta Restu Masuk PSI?

3. RA kartini


Image Source: LINE Today

Raden Ajeng Kartini yang dikenal sebagai pahlawan emansipasi wanita juga digunakan sebagai nama jalan di Belanda dengan nama R A Kartinistraat, yang terletak di kawasan Amsterdam Zuidoost dikenal dengan sebutan Bijlmer.

Selain digunakan di kawasan Amsterdam, nama RA Kartini juga digunakan di kawasan Harleem, Utrecht dan Kota Venlo.

4. Sutan Syahrir


Image Source: Ublik.id

Perdana menteri pertama Indonesia, Sutan Syahrir dijadikan nama jalan di tiga tempat berbeda di Belanda, yakni Sjahrirsingel di Kota Gouda, Sjahrirstraat di Kota Leiden, dan Sutan Sjahrirstraat di kota Haarlem.

5. Munir


Image Source: detikNews

Munir merupakan salah satu tokoh HAM yang mengusut kasus penghilangan orang yang diduga dilakukan Tim Mawar. Nama Munir diabadikan sebagai salah satu ruas jalan sepeda di pemukiman Kota Den Haag, Belanda.

Jalan dengan nama Munirpad itu diresmikan pada 15 April 2015, oleh wali kota Den Haag, Joziaas van Aartsen.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)