home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Mitos Virus Corona Ini Justru Picu Tingkatkan Kasus Positif

Kamis, 22 Oktober 2020 13:10 by SartikaF | 270 hits
5 Mitos Virus Corona Ini Justru Picu Tingkatkan Kasus Positif
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Semenjak pandemi Covid-19 berlangsung, banyak sekali berita-berita hoax yang beredar dan sudah berkembang dikalangan masyarakat saat ini. Beberapa orang diantaranya yakin berita ini benar, dan sebagian diantaranya percaya bahwa ini hanya mitos belaka.

Namun jangan sampai keliru dengan mitos-mitos yang bahkan tidak diakui kebenarannya oleh ahli medis. Berikut ini lima mitos tentang virus corona yang telah berkembang di masyarakat, seperti dikutip dari Liputan 6.

1. Jumlah kasus Covid-19 menurun jika kondisi cuaca hangat

Banyak yang mengklaim apabila berkegiatan di luar ruangan bisa mengurangi tingkat infeksi, karena virus mudah dirusak oleh panas sinar matahari. Namun, studi di China menemukan bahwa 98 persen penyebaran luar biasa dari jumlah infeksi melonjak diatas normal tercatat di luar ruangan.

“Iklim mungkin atau mungkin bukan faktor, tetapi kami tahu bahwa penyebarannya mudah di luar ruangan,” kata Gabriel Scally dari Independent SAGE.

2. Anak Muda Lebih Kebal Covid-19

Banyak yang mengatakan bahwa virus corona hanya berbahaya bagi orang tua dan lansia. Namun pada bulan lalu, sebuah rumah sakit di Sheffield melaporkan kematian korban virus corona termuda di Inggris yaitu seorang bayi berusia 13 hari tanpa punya masalah kesehatan bawaan.

Lebih dari satu korban telah meninggal dengan gejala virus corona. Total 20 pasien di bawah usia 19 tahun diperkirakan meninggal akibat virus di rumah sakit di Inggris.

3. Tertular dari Orang dengan Gejala

Baca juga: Kini, Jenis Masker Jadi Cermin Kepribadian Pemakainya

Virus Covid-19 mudah menyebar melalui tetesan mikro saat orang yang terinfeksi batuk dan bersin. Namun virus ini dapat hidup di banyak permukaan selama beberapa hari, dan ada bukti ang mengatakan bahwa virus corona mudah bertahan lebih lama dalam kondisi yang lebih dingin dan kering.

Ada juga bukti kuat yang menyebutkan bahwa orang tanpa gejala adalah pembawa virus yang paling efisien. Jadi tidak semata orang bergejala saja yang bisa menulari.

4. Menganggap bahaya telah berlalu

Dengan angka kematian yang terus menurun setiap hari, bisa jadi membuat masyarakat terlalu percaya diri. Tapi Anthony Costello dari Independent SAGE memperingatkan, "Hampir di setiap tempat yang mulai mengendurkan protokol kesehatan dan mengurangi jarak sosial, membuat wabah tersebut kembali muncul."

5. Pakai masker tidak ada bedanya

Sampai saat ini banyak yang mengatakan ada bukti kuat mengenai penggunaan masker yang lebih luas, dapat mengurangi penyebaran penyakit lebih lanjut. Contohnya studi dari warga Jepang yang patuh menggunakan masker memiliki catatan lebih dari 20 ribu orang terinfeksi dan kurang dari seribu kematian.

Sedangkan Amerika Serikat yang populasinya sekitar dua setengah kali lipat, hampir memiliki tiga juta kasus dan 130 ribu kematian. Lantaran banyanya protes yang menentang pemakaian masker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences of the USA mengatakan, berbicara dengan seseorang pun dapat mengeluarkan ribuan tetesan pembawa virus. "Mengenakan masker kain sederhana dapat secara signifikan memblokir pelepasan tetesan ucapan," kata penulis makalah tersebut.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Zhang Yiming adalah pendiri dari ByteDance dan menjadi salah satu orang terkaya di China saat ini. Total kekayaan Zhang ditaksir mencapai US$ 16,2 miliar atau setara Rp 228 triliun....
  • HOT !
    Melalui salah satu surat kabar pada hari Rabu (18/11/2020) lalu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron disebut telah mengeluarkan ultimatum kepada Dewan Ibadah Muslim Prancis (CFCM/Conseil Francais du Culture Musulman), selama 15 hari terhitung dari surat kabar itu diterbitkan....
  • HOT !
    Mimpi biasa disebut sebagai bunga tidur yang bisa menambah nyenyak atau memperburuk kualitas tidur kita. Tak jarang, banyak mitos yang kerap menafsirkan mimpi dengan sebuah kejadian baik maupun buruk....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)