home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Prediksi Virus Corona Tidak Akan Hilang Seperti Flu

Rabu, 21 Oktober 2020 12:10 by SidikTri | 375 hits
Prediksi Virus Corona Tidak Akan Hilang Seperti Flu
Image Source: GridID

DREAMERS.ID - Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2) yang menjadi penyebab penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19) sebagai pandemi mengerikan hingga saat ini, dikhawatirkan akan menjadi virus penyakit tahunan seperti virus flu.

Melansir CNBC Indonesia, hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Penasihat Ilmiah Inggris bernama Patrick Vallance. Ia mengatakan belum ada yang bisa memberantas virus covid-19 ini meskipun telah terdapat beberapa vaksin potensial yang telah diuji.

Mengutip dari perkataan Patrick kepada Komite Strategi Keamanan Nasional Inggris, vaksin tidak akan membuat semuanya 'benar-benar steril', melainkan hanya akan mengurangi kemungkinan infeksi dan tingkat keparahan penyakit.

"Jelas karena manajemen menjadi lebih baik, saat Anda mendapatkan vaksinasi, ini akan mengurangi kemungkinan infeksi dan tingkat keparahan penyakit. Ini kemudian mulai terlihat lebih seperti flu tahunan daripada apa pun, dan itu mungkin arah yang kita tuju," jelas Patrick.

Baca juga: Gejala Khusus COVID-19 Subvarian XB.1.16 yang Ditemukan 5 Kasus Di Jakarta

Ia juga membahas tentang pembuatan vaksin dengan waktu amat singkat, di mana hal tersebut belum pernah terjadi sebelumnya. "Secara historis pembuatan vaksin membutuhkan waktu rata-rata 10 tahun," ungkap Patrick.

Namun, ia juga membenarkan sejumlah vaksin memang dapat menciptakan antibodi. Tapi untuk benar-benar membuktikan apakah vaksin berhasil, hanya bisa dilihat dari hasil uji klinis Fase III (akhir) yang dilakukan ke manusia.

"Kita akan tahu selama beberapa bulan ke depan apakah kami memiliki vaksin yang benar-benar melindungi dan berapa lama mereka melindungi," tutup patrick.

Sejumlah negara dan perusahaan obat saat ini memang tengah gencar meneliti vaksin efektif untuk Covid-19. Seperti AS, Rusia, Inggris, China, begitu pula Indonesia. Beberapa vaksin pun menunjukkan hasil menjanjikan.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)