home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Prediksi Virus Corona Tidak Akan Hilang Seperti Flu

Rabu, 21 Oktober 2020 12:10 by SidikTri | 292 hits
Prediksi Virus Corona Tidak Akan Hilang Seperti Flu
Image Source: GridID

DREAMERS.ID - Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2) yang menjadi penyebab penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19) sebagai pandemi mengerikan hingga saat ini, dikhawatirkan akan menjadi virus penyakit tahunan seperti virus flu.

Melansir CNBC Indonesia, hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Penasihat Ilmiah Inggris bernama Patrick Vallance. Ia mengatakan belum ada yang bisa memberantas virus covid-19 ini meskipun telah terdapat beberapa vaksin potensial yang telah diuji.

Mengutip dari perkataan Patrick kepada Komite Strategi Keamanan Nasional Inggris, vaksin tidak akan membuat semuanya 'benar-benar steril', melainkan hanya akan mengurangi kemungkinan infeksi dan tingkat keparahan penyakit.

"Jelas karena manajemen menjadi lebih baik, saat Anda mendapatkan vaksinasi, ini akan mengurangi kemungkinan infeksi dan tingkat keparahan penyakit. Ini kemudian mulai terlihat lebih seperti flu tahunan daripada apa pun, dan itu mungkin arah yang kita tuju," jelas Patrick.

Baca juga: 5 Kepala Daerah Positif Covid-19 dalam Sepekan, Pencegahan Corona Mulai Kendur?

Ia juga membahas tentang pembuatan vaksin dengan waktu amat singkat, di mana hal tersebut belum pernah terjadi sebelumnya. "Secara historis pembuatan vaksin membutuhkan waktu rata-rata 10 tahun," ungkap Patrick.

Namun, ia juga membenarkan sejumlah vaksin memang dapat menciptakan antibodi. Tapi untuk benar-benar membuktikan apakah vaksin berhasil, hanya bisa dilihat dari hasil uji klinis Fase III (akhir) yang dilakukan ke manusia.

"Kita akan tahu selama beberapa bulan ke depan apakah kami memiliki vaksin yang benar-benar melindungi dan berapa lama mereka melindungi," tutup patrick.

Sejumlah negara dan perusahaan obat saat ini memang tengah gencar meneliti vaksin efektif untuk Covid-19. Seperti AS, Rusia, Inggris, China, begitu pula Indonesia. Beberapa vaksin pun menunjukkan hasil menjanjikan.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Di tengah polemik Habib Rizieq dan keramaiannya yang diikuti dengan pemanggilan polisi. Muncul dokumen yang menyebutkan bahwa ia positif COVID 19. Kabar itu tentu membuat heboh, apalagi hasil tesnya tidak terungkap hingga saat ini....
  • HOT !
    Pada Selasa (1/12) sekitar pukul 13.45 WIBmassa mendatangi rumah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Kelurahan Bugih, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Padahal saat itu, Mahfud tidak di sana dan rumah tersebut tinggali oleh sang ibu....
  • HOT !
    Setelah sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengumumkan dirinya positif COVID 19, kini Gubernur Anies Baswedan juga dinyatakan positif usai terpapar virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)