home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korsel Sebut Gelombang Kedua COVID-19 Lebih Mengkhawatirkan karena OTG

Kamis, 13 Agustus 2020 17:15 by muthiasp | 376 hits
Korsel Sebut Gelombang Kedua COVID-19 Lebih Mengkhawatirkan karena OTG
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Korea Selatan tengah menghadapi gelombang kedua pandemi COVID-19 atau corona. Berdasarkan pihak berwenang setempat, krisis yang dihadapi lebih besar sekarang daripada pada awal Mei karena penyebaran diam-diam secara bersamaan di wilayah metropolitan Seoul.

Belakangan ini, penularan yang terjadi adalah terkait dengan pertemuan kecil di gereja, sekolah, dan restoran di seluruh negeri. Hal itu membuat pihak berwenang kesulitan melacak kontak dan rantai penularan, dibanding saat klusternya masih hanya di wilayah Itaewon, Seoul.

Selain itu, banyaknya OTG atau Orang Tanpa Gejala salah satu yang mengkhawatirkan juga, "Sekarang, kami melihat tanda-tanda bahwa kasus tanpa gejala atau dengan gejala ringan, tidak terdeteksi untuk beberapa waktu, mungkin telah menyebar secara diam-diam di komunitas lokal".

"Hal itu menyebabkan wabah simultan terkait dengan gereja, penjualan dari pintu ke pintu, tempat kerja, pasar dan sekolah, terutama di wilayah metropolitan Seoul,” kata Kwon Jun-wook, wakil direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea.

Baca juga: Punya Rumah Mungil Jadi Tren Baru Pasangan Muda Korea Selatan

Menurutnya, pembatasan pada kehidupan normal sehari-hari masyarakat dan memperketat aturan jarak sosial akan kembali diperketat jika situasi terus memburuk.

Kekhawatiran meningkat menjelang Hari Kemerdekaan Korea, yang jatuh pada hari Sabtu (15/8), karena diprediksi lebih banyak orang berkumpul dan berkegiatan untuk menikmati libur panjang akhir pekan. Reli skala besar juga dijadwalkan di pusat kota Seoul.

Pada Kamis (13/8), Korea Selatan melaporkan 56 kasus infeksi baru yaitu 25 di Seoul, 16 di sekitar Provinsi Gyeonggi, 2 di Busan, dan 9 sisanya impor. Kluster baru ditemukan di cabang Lotteria di timur Seoul, serta gereja dan panti jompo.

(mth)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)