SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cakep! Begini Potret Social Distancing di Indonesia yang Jadi Viral

Kamis, 19 Maret 2020 10:00 by reinasoebisono | 7920 hits
Cakep! Begini Potret Social Distancing di Indonesia yang Jadi Viral
Image source: Makassar Info/Instagram

DREAMERS.ID - Kasus virus corona di dunia membuat banyak seruan-seruan yang kini menjadi kebiasan, salah satunya adalah menjaga kebersihan dengan mencuci tangan hingga memakai masker. Seiring berkembangnya penyebaran, kebiasaan social distancing juga digalakkan.

Melansir Brilio, social distancing adalah perilaku di mana seseorang harus menjaga jarak dengn orang lain minimal 3 langkah ata 1 meter untuk meminimalisasi risiko penularan vius corona atau COVID-19.

Hal ini pun sudah diterapkan beberapa waktu belakangan, terutama di tempat umum seperti di stasiun, pusat perbelanjaan hingga area perkantoran. Berikut rangkuman dan berbagai potret-potret penerapan social distancing di Indonesia.

Antrian di kantin sebuah perusahaan di Makassar memperlihatkan barisan yang tidak hanya tertib, namun juga jarak yang cukup berjauhan secara inisiatif dari masing-masing prangorang. Tak hanya di antrian, namun hal ini juga terjadi pada kursi-kursinya.

Karena di beberapa meja yang memiliki kursi lebih dari dua, secara menyerong di kursinya diberi tanda ‘X’ dengan lakban. Dengan tujuan, agar setiap meja hanya diduduki oleh dua orang, tapi mereka tidak duduk berseberangan atau pun bersebelahan.

Baca juga: Agensi EVERGLOW Kembali Umumkan Stafnya yang Positif Kena Corona

Posisi yang harus terjadi di dalam lift juga dinilai cukup efektif dilakukan dalam rangka pembatasan kapasitasnya. Ada penanda kotak-kota di mana setiap orang harus berada di posisi tersebut sehingga memiliki jarak dengan orang di sekelilingnya.


Antrean di pusat perbelanjaan, tepatnya di toko minuman pun ditandai dengan garis. Tidak hanya garis menuju tempat pemesanan, tapi antar pelanggan juga diberikan garis pembatas di lantai menggunakan lakban.

Para pengunjung di salah satu mal di Surabaya juga nampak menaati peratiran yang ada, sehingga para pelanggan yang akan melakukan transaksi juga harus mengikuti garis yang ada.


Sementara hal serupa yang diterapkan di Bandara Supadio, Pontianak dengna tanda garis kuning jadi pembatas antara satu dengan yang lainnya. Begitu juga dengan tempat duduk di ruang tunggunya, diberikan tanda larangan setiap selang satu bangku.

(rei/image: Makassar Info/Teritoriaal)

Komentar
  • HOT !
    Tiga dokter pahlawan kemanusiaan yang bertugas dan meninggal karena virus corona diumumkan oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) pada hari Minggu (4/4)....
  • HOT !
    Pada Jumat (03/04), data pasien virus corona di Indonesia telah mencapai 1.986 kasus. Hal ini berarti terjadi penambahan sebanyak 196 kasus, setelah pada hari Kamis (02/04) kasus corona di Indonesia tercatat sebanyak 1.790 kasus....
  • HOT !
    Pengguna Twitter pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘Thread’ yang memiliki arti cuitan bersambung. Dengan fitur ini, pengguna lebih mudah membuat postingan panjang yang tak cukup dalam sekali tweet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)