SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Antisipasi Masa Depan, Bekraf Himbau Unicorn Untuk Mulai Menabung Keuntungan

Jumat, 18 Oktober 2019 14:10 by manachemvr | 721 hits
Antisipasi Masa Depan, Bekraf Himbau Unicorn Untuk Mulai Menabung Keuntungan
Image souce: Asianet

DREAMERS.ID - Bukan rahasia lagi jika perusahaan unicorn di Indonesia disebut sedang ‘membakar uang’ demi menarik perhatian konsumen. Beberapa cara dilakukan seperti memberikan potongan atau promo untuk membuat masyarakat memilih layanan perusahaan tersebut.

Tetapi strategi ini memiliki ternyata memiliki kelemahan jika terjadi internet bubble atau pecah di Indonesia. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) menilai ketika unicorn mengalami masalah hingga kebangkrutan, akan berdampak bagi ekosistem digital dan ekonomi masyarakat.

"Kalau sistemik hancur, kasihan UKM yang sudah berapa puluh ribu di Indonesia bisa dan misalnya jual pisang goreng atau warung nasi. Jangan sampai mereka dikorbankan. Kita jaga (dari kehancuran) dengan jangan bakar duit," kata Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur Bekraf.

Strategi agar unicorn tidak lagi membakar uang akan dilakukan pemerintah untuk mengarahkan perusahaan unicorn ride-hailing untuk mencari keuntungan. Hari menegaskan dengan naiknya harga, tidak serta merta menghilangkan konsumen karena perusaahan ride-hailing sudah menjadi bagian hidup masyarakat.

"Toh kita sudah menikmati benefit-nya (keuntungan), kita sudah rasakan. Jadi kalau misalnya ride-hailing naik tarif 1,5 kali saya yakin masih ada yang beli. Walaupun ongkos kirim Go-Food atau GrabFood Rp20.000 masih ada beli dari pada macet macet ya," tambah Hari.

Antisipasi ini disarankan Bekraf akibat pengalaman pada tahun 2000-an ketika perusahaan dot-com yang memiliki nilai triliunan rupiah  terpaksa gulung tikar tanpa sisa sedikitpun.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Rapat terbatas atau ratas digelar oleh Presiden Joko Widodo dengan para menteri Kabinet Indonesia Maju. Fokusnya, membahas mengenai program Kartu Pra Kerja di Kantor Presiden, Jakarta Pusat. Salah satu hal yang ditunggu dari program ini adalah perkembangan lebih lanjut soal pengangguran ‘digaji’....
  • HOT !
    Sudah 2 tahun semenjak kepergian Habib Rizieq ke Arab Saudi tahun 2017 lalu. Hingga saat ini Habib Rizieq belum menginjakan kakinya kembali ke tanah air....
  • HOT !
    Peristiwa mengejutkan namun juga misterius menimpa keluarga Desak Putu Tiara (17) yang dikenal sebagai pembawa baki saat penurunan bendera 17 Agustus 2019 sebagai paskibraka di Taman Kota Singaraja karena tiba tiba meninggal dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)