SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kini Ada Makhluk Hidup di Bulan Berkat Pendaratan Negara Cina!

Minggu, 06 Januari 2019 22:00 by bellaevania | 939 hits
Kini Ada Makhluk Hidup di Bulan Berkat Pendaratan Negara Cina!
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Adanya mahluk hidup di bulan kerap menjadi perdebatan. Namun saat ini bisa dipastikan ada makhluk hidup di bulan. Bukan alien, melainkan benih kentang dan selada.

Negara China, membawa benih-benih kentang dan selada melalui wahana antariksa yang disebut Chang’e-4. Tak hanya membawa tanaman, Chang’e-4 juga membawa hewan berupa telur ulat sutera. Ide awalnya, tanaman akan menyokong hidup ulat sutra dengan oksigen. Sementara ulat sutra akan menyediakan tanaman dengan karbon dioksida dan nutrisi dari kotoran mereka.

Eksperimen ini dilakukan para peneliti kolaborasi dari 28 universitas di China untuk melihat apakah tanaman bisa melakukan fotosintesis dan tumbuh di lingkungan Bulan. "Kami ingin mempelajari respirasi benih dan fotosintesis di Bulan," ungkap Xie Gengxin, kepala perancang percobaan ini dikutip dari Live Science melalui Kompas, Kamis (03/01/2019).

Baca juga: Aliando Syarief, Adipati Dolken dan Randy 'Nidji' Jadi Wajah Baru di 'Warkop DKI Reborn 3'!

Eksperimen ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai Bulan sebagai tempat tinggal. "Eksperimen kami mungkin membantu mengumpulkan pengetahuan untuk membangun basis Bulan dan tempat tinggal jangka panjang di sana," ucap Liu Hanlong, direktur utama percobaan ini.

Tumbuhan selada dipilih karena periode pertumbuhannya yang cepat dan mudah diamati. Sementara kentang diyakini bisa menjadi sumber makanan utama bagi para turis luar angkasa di masa depan.

Sebelumnya, eksperimen serupa pernah dilakukan. Dalam percobaan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), tanaman rockcress berhasil tumbuh di lingkungan bulan.

(bef)

  • HOT !
    Untuk pertama kalinya Arab Saudi akan memiliki kelab malam yang akan dibuka di tepi pantai Jeddah. Kabar ini pun menarik reaksi banyak orang di media sosial....
  • HOT !
    Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta telah tiga kali menjalankan uji coba. Namun kereta yang menghubungkan Rawamangun Kelapa Gading itu tak kunjung juga dioperasikan secara komersial meski belum lama ini diuji coba untuk publik secara gratis....
  • HOT !
    Kabar dibukanya kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS di tahun ini mencuat ke publik. Bahkan selain CPNS, pemerintah juga akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)