SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kini Ada Makhluk Hidup di Bulan Berkat Pendaratan Negara Cina!

Minggu, 06 Januari 2019 22:00 by bellaevania | 927 hits
Kini Ada Makhluk Hidup di Bulan Berkat Pendaratan Negara Cina!
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Adanya mahluk hidup di bulan kerap menjadi perdebatan. Namun saat ini bisa dipastikan ada makhluk hidup di bulan. Bukan alien, melainkan benih kentang dan selada.

Negara China, membawa benih-benih kentang dan selada melalui wahana antariksa yang disebut Chang’e-4. Tak hanya membawa tanaman, Chang’e-4 juga membawa hewan berupa telur ulat sutera. Ide awalnya, tanaman akan menyokong hidup ulat sutra dengan oksigen. Sementara ulat sutra akan menyediakan tanaman dengan karbon dioksida dan nutrisi dari kotoran mereka.

Eksperimen ini dilakukan para peneliti kolaborasi dari 28 universitas di China untuk melihat apakah tanaman bisa melakukan fotosintesis dan tumbuh di lingkungan Bulan. "Kami ingin mempelajari respirasi benih dan fotosintesis di Bulan," ungkap Xie Gengxin, kepala perancang percobaan ini dikutip dari Live Science melalui Kompas, Kamis (03/01/2019).

Baca juga: Aliando Syarief, Adipati Dolken dan Randy 'Nidji' Jadi Wajah Baru di 'Warkop DKI Reborn 3'!

Eksperimen ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai Bulan sebagai tempat tinggal. "Eksperimen kami mungkin membantu mengumpulkan pengetahuan untuk membangun basis Bulan dan tempat tinggal jangka panjang di sana," ucap Liu Hanlong, direktur utama percobaan ini.

Tumbuhan selada dipilih karena periode pertumbuhannya yang cepat dan mudah diamati. Sementara kentang diyakini bisa menjadi sumber makanan utama bagi para turis luar angkasa di masa depan.

Sebelumnya, eksperimen serupa pernah dilakukan. Dalam percobaan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), tanaman rockcress berhasil tumbuh di lingkungan bulan.

(bef)

  • HOT !
    Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT....
  • HOT !
    Berbagai hal menarik terjadi dalam debat cawapres malam tadi (17/3), di mana kedua calon wakil presiden 2019 saling beradu visi misi. Salah satu yang menarik untuk disorot adalah jumlah kata yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno....
  • HOT !
    Debat Pilpres Ketiga akhirnya berhasil digelar pada Minggu (17/03/19) di Hotel Sultan Senayan. Pada kesempatan itu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebagai capres dihadapkan dengan pembahasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Selama debat yang berlangsung 2 jam itu, sejumlah janji dan pernyataan dilontarkan keduanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)