SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Material Paling Ringan Didunia

Rabu, 27 Maret 2013 09:00 by miko | 1549 hits
Inilah Material Paling Ringan Didunia
inhabitat.com

Jika kamu mengira kapas merupakan material paling ringan didunia ternyata salah. Pasalnya tim ilmuwan di China baru saja menemukan material paling ringan di dunia. Karena terlalu ringannya, bahan berupa spons ini tidak jatuh diletakan diatas kelopak bunga yang berdiri.

Tim Zhejiang University di Hangzhou baru saja memamerkan ke publik terkait material yang mereka beri nama graphene aerogel. Material yang berbentuk seperti spons ini terbuat dari karbon beku kering dan oksidsa graphene.

Bahkan untuk membuktikan beratnya yang super ringan, bahan tersebut mampu berdiri di atas bunga dandelion tanpa menghancurkan benih-benih halusnya yang kecil.  Tentunya material ini diklaim seribu kali lebih tipis dari rambut manusia, karena terdiri dari 99,99 persen udara.

Baca juga: Samsung Tidak akan Gunakan Material Plastik Lagi di Ponsel Terbarunya?

Sehingga benda itu juga 100 kali lebih ringan dari styrofoam. Saking kecilnya, peneliti harus menyusun 3 juta lembar graphene untuk mendapatkan tumpukan setinggi 3 mm.

Dilansir dari Reuters, uniknya walaupun ringan dan hampir transparan, namun Graphene Aerogel ini tergolong kuat. Strukturnya yang hanya seberat 0,77 mg mampu menahan beban sebesar kucing dewasa dengan berat badan 4 kg. Selain itu juga sangat fleksibel dan dapat ditarik hingga 20 persen tanpa terjadi kerusakan apapun.

Bahkan, belakangan ini diketahui graphene aerogel juga merupakan penghantar panas yang lebih baik daripada tembaga. Selain itu juga mampu menahan semua cairan dan gas, kecuali air, yang berpotensi untuk digali lagi aplikasinya. Pemanfaatan material ini untuk berbagai bidang masih akan diselidiki lagi.

Komentar
  • HOT !
    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memutuskan untuk mundur dari Pemilihan Wali Kota Bandung yang rencananya akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Keputusan  tersebut ia sampaikan melalui akun media sosialnya....
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)