SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Berita Air Limbah Tinja Jakarta Akan Diolah Jadi Air Minum, Apa Penjelasannya?

Rabu, 30 Mei 2018 08:00 by reinasoebisono | 883 hits
Viral Berita Air Limbah Tinja Jakarta Akan Diolah Jadi Air Minum, Apa Penjelasannya?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Semakin canggih teknologi tentu menarik perhatian, terutama jika bermanfaat bagi hajat hidup orang banyak. Tapi kali ini Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Jaya yang menjadi pembicaraan karena menggunakan PAL-Andrich Tech System.

Yang dilansir dari Liputan6, alat tersebut mampu mengubah air limbah tinja menjadi air minum. Perusahaan milik Pemprov DKI Jakarta itu pun menuai kontroversi.

Karena belum adanya sertifikasi terhadap alat ini, dari sisi higienis juga belum ada lembaga terkait memberikan penyataan bahwa air hasil olah limbah tinja itu layak untuk diminum. Langsung saja pihak PD PAL memberikan klarifikasi.

“Sistem pengolahan ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas olahan air limbah, jadi tidak diperuntukkan untuk air minum," tegas Dirut PD PAL Jaya Subekti.

Baca juga: Pertama Kalinya Penerimaan Ssiwa Baru Jakarta Via Online, Ini Deretan Faktanya

Klarifikasi ini dianggap penting karena ternyata bertolak belakang dengan apa yang dikatakan Wakil Gubernur Sandiaga Uno yang mengatakan jika alat tersebut dapat mengolah limbah tinja jadi air yang siap untuk diminum.

"PD PAL Jaya kini punya teknologi Andrich yang bisa mengubah limbah tinja jadi air siap untuk diminum dalam waktu 30 menit. Teknologi kali ini jauh lebih efisien dibanding dengan sistem konvensional. Ini betul-betul lompatan dan belum pernah terjadi (sebelumnya)," ujar Sandi saat meresmikan penggunaan alat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Subekti juga menjelaskan jika tugas PD PAL bukanlah menyediakan air minum untuk warga, melainkan mengolah air hasil limbah buangan untuk kemudian disalurkan kembali ke lingkungan, namun sudah dalam kondisi bersih.

(rei)

  • HOT !
    Banyak berita mengejutkan mewarnai minggu ketiga di bulan Juni ini, baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Hollywood dan Korea yang menarik perhatian pembaca Dreamers.id. Dari dalam negeri khususnya dihebohkan dengan peristiwa nahas yang menimpa seorang wanita yang tewas ditelan ular piton di daerah Sulawesi Utara....
  • HOT !
    Pemerintah akan menetapkan hari pencoblosan saat Pilkada Serentak tanggal 27 Juni 2018 mendatang sebagai hari libur nasional. Hal ini akan secepatnya tertuang dalam Keputusan Presiden yang sedang disusun oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), meski belum diketahui kapan akan diterbitkan....
  • HOT !
    Salah satu industri pariwisata kebanggaan Indonesia tercoreng karena ulah oknum tak bertanggungjawab yang mengaku sebagai tour guide atau pemandu wisata namun malah berperilaku tak senonoh dan mengancam wisatawan asing....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)