SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Berita Air Limbah Tinja Jakarta Akan Diolah Jadi Air Minum, Apa Penjelasannya?

Rabu, 30 Mei 2018 08:00 by reinasoebisono | 916 hits
Viral Berita Air Limbah Tinja Jakarta Akan Diolah Jadi Air Minum, Apa Penjelasannya?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Semakin canggih teknologi tentu menarik perhatian, terutama jika bermanfaat bagi hajat hidup orang banyak. Tapi kali ini Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Jaya yang menjadi pembicaraan karena menggunakan PAL-Andrich Tech System.

Yang dilansir dari Liputan6, alat tersebut mampu mengubah air limbah tinja menjadi air minum. Perusahaan milik Pemprov DKI Jakarta itu pun menuai kontroversi.

Karena belum adanya sertifikasi terhadap alat ini, dari sisi higienis juga belum ada lembaga terkait memberikan penyataan bahwa air hasil olah limbah tinja itu layak untuk diminum. Langsung saja pihak PD PAL memberikan klarifikasi.

“Sistem pengolahan ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas olahan air limbah, jadi tidak diperuntukkan untuk air minum," tegas Dirut PD PAL Jaya Subekti.

Baca juga: Meriahkan Imlek, Anies Baswedan Menjadi Sasaran Foto Bersama

Klarifikasi ini dianggap penting karena ternyata bertolak belakang dengan apa yang dikatakan Wakil Gubernur Sandiaga Uno yang mengatakan jika alat tersebut dapat mengolah limbah tinja jadi air yang siap untuk diminum.

"PD PAL Jaya kini punya teknologi Andrich yang bisa mengubah limbah tinja jadi air siap untuk diminum dalam waktu 30 menit. Teknologi kali ini jauh lebih efisien dibanding dengan sistem konvensional. Ini betul-betul lompatan dan belum pernah terjadi (sebelumnya)," ujar Sandi saat meresmikan penggunaan alat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Subekti juga menjelaskan jika tugas PD PAL bukanlah menyediakan air minum untuk warga, melainkan mengolah air hasil limbah buangan untuk kemudian disalurkan kembali ke lingkungan, namun sudah dalam kondisi bersih.

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)