SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

CIA Bantu Gagalkan Serangan Teror di Rusia, Putin Ucapkan Terima Kasih Pada Trump

Senin, 18 Desember 2017 16:17 by RanaHanin | 792 hits
CIA Bantu Gagalkan Serangan Teror di Rusia, Putin Ucapkan Terima Kasih Pada Trump
image source: NPR

DREAMERS.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12).

Melalui telepon, Putin mengatakan kepada Trump bahwa informasi yang diberikan oleh CIA memungkinkan dinas keamaanan FSB Rusia untuk melacak dan menahan sekelompok tersangka ISIS yang berencana untuk melakukan bom bunuh diri di Katedral Kazan yang terletak di pusat kota, serta beberapa kota besar di Rusia lainnya.

"Berdasarkan informasi yang diberikan Amerika Serikat, pihak berwenang Rusia dapat menangkap para teroris sesaat sebelum serangan yang bisa menewaskan sejumlah besar orang, Kedua pemimpin sepakat bahwa ini sebagai contoh hal positif yang bisa terjadi ketika negara kita bekerja sama,” kata pihak Gedung Putih melansir Straits Times.

FSB mengumumkan pada hari Jumat (15/12), bahwa mereka menangkap tujuh anggota sel ISIS yang merencanakan serangan bunuh diri dan pembunuhan warga di daerah padat kota kedua di Rusia yang akan dilakukan pada hari Sabtu (16/12). Dinas keamanan Federal Rusia mengatakan telah menahan tujuh orang karena terlibat dalam serangan itu. Sejumlah bahan peledak, senjata dan literatur ekstrimis turut disita.

Baca juga: Sempat Tersentuh oleh Pesan Manis, Trump Belum Pernah Bicara dengan Obama sejak Jadi Presiden?

Dalam percakapan telepon, Putin juga meminta Trump menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Direktur CIA Mike Pompeo dan badan intelijen Amerika yang menerima informasi tersebut. Putin juga mengatakan, akan membantu memberikan informasi kepada AS yang berkaitan dengan ancaman teroris.

"Vladimir Putin meyakinkan Donald Trump bahwa dinas intelijen Rusia setelah menerima informasi yang berkaitan dengan ancaman teroris terhadap AS dan warganya, akan segera mengirimkannya ke rekan Amerika di saluran mitra."

Sebagai informasi, panggilan telepon antara Trump dan Putin merupakan panggilan keduanya dalam tiga hari. Terakhir kali mereka berbicara melalui telepon pada hari Kamis (14/12). Dalam perbincangan melalui telepon itu mereka membahas hubungan AS-Rusia dan meningkatnya ketegangan di Korea Utara

(rmh)

Komentar
  • HOT !
    Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membahas banyak hal saat jadi pembicara di pembicara di Ponpes Daar El Qolam 3, Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Sabtu (20/1)....
  • HOT !
    Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dengan wakilnya Sandiaga Uno kerap kali mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Mulai dari OK Otrip, Becak yang akan beroperasi di Jakarta hingga down payment (DP) 0 rupiah. Meski demikian, Anies tak ingin ambil pusing soal perdebatan tersebut, baginya adanya pro kontra sudah biasa dalam setiap kebijakan....
  • HOT !
    Manusia mengirimkan berbagai material dan stasiun ke ruang angkasa untuk penelitian. Namun tak jarang yang dikirimkan ke luar angkasa akan kembali jatuh ke Bumi dengan berbagai alasan, termasuk rute orbit yang dilaluinya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)