SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jauhnya Perbedaan Waktu Libur Chuseok Korea Selatan dan Utara

Rabu, 04 Oktober 2017 11:00 by zia92 | 2227 hits
Jauhnya Perbedaan Waktu Libur Chuseok Korea Selatan dan Utara
Image source: Korea Times

DREAMERS.ID - Masyarakat Korea saat ini tengah bersuka cita merayakan pesta hasil panen atau yang lebih dikenal dengan Chuseok. Perayaan thanksgiving ini tak hanya berlaku di Korea Selatan tapi juga Korea Utara. Namun ada perbedaan mencolok dari kedua negara yang bertetangga ini.

Pada perayaan Chuseok tahun ini, pemerintah Korea Selatan menetapkan waktu libur selama 10 hari. Sementara Korea Utara hanya memberikan satu hari libur tepat di puncak perayaan Chuseok yaitu pada tanggal 4 Oktober.


Image source: Yonhap

Sejak tahun 1945, saat Semenanjung Korea terbagi dua usai bebas dari penjajahan Jepang, perayaan yang dihormati warga Korea tersebut tak nampak terjadi di Korea Utara. Dan baru pada tahun 1989, negara komunis tersebut kembali merayakan Chuseok sebagai pesta rakyat.

Selama tahun-tahun tersebut, liburan tradisional dikecam sebagai ‘melanggar perilaku sosialisme’ di Korea Utara. Namun kini Chuseok telah menjadi salah satu dari 18 hari libur nasional di negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un tersebut.

Baca juga: Tayang Saat Libur Chuseok, Drama 'Arthdal Chronicles' Catat Rating Terendahnya

Perayaan Chuseok di Korut digelar lebih sederhana jika dibandingkan dengan Korsel, kerena mereka lebih mementingkan acara politis seperti ulang tahun pendiri Korea Utara Kim Il Sung pada 15 April dan penerusnya Kim Jong Il pada 16 Februari. Liburan selama dua hari diberikan untuk merayakan peringatan tersebut.

Tak berbeda dengan warga Korsel, masyarakat Korut juga menghabiskan waktu liburan Chuseok dengan dengan mengunjungi makam nenek moyang hingga menyantap berbagai hidangan tradisional seperti kue beras atau songpyeon.

Selain jumlah hari libur, perbedaan Chuseok yang mencolok di Korut adalah sedikitnya orang yang pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudara. Sementara di Korsel, tradisi ‘mudik’ saat Chuseok ini begitu terasa.

(fzh/Yonhap/Korea Times)

Komentar
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Misteri keberadaan penemuan benda misterius di kawasan revitalisasi Alun alun Kejaksan Cirebon masih belum terungkap. Pasalnya, pihak kontraktor maupun pemda setempat tidak memberi tahu di mana posisi terbaru benda misterius itu ditemukan....
  • HOT !
    Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang juga adalah politikus senior Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus suap dan gratifikasi oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)